Makatallu, Arafat Buyung (2024) Analisis Perencanaan Strategi dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) pada CV Nur Khairunnisa di Makassar = Analysis of Strategy Planning Using Business Model Canvas (BMC) in CV. Nur Khairunnisa in Makassar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
A012202044_tesis_02-09-2024 cover1.png
Download (170kB) | Preview
A012202044_tesis_02-09-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (1MB)
A012202044_tesis_02-09-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 12 November 2026.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
ARAFAT BUYUNG MAKATALLU. Analisis Perencanaan Strategi dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) pada CV Nur Khairunnisa di Makassar (dibimbing oleh Abdul Rahman Kadir dan Nuraeni Kadir).
Penelitian ini bertujuan menganalisis perencanaan strategi dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC) pada CV Nur Khairunnisa di Makassar. Penelitian ini menggunakan metode dan pendekatan kualitatif. Analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan analisis tiga tahap formulasi-formulasi strategi. Alat analisis yang digunakan untuk dapat merumuskan strategi adalah Business Model Canvas (BMC) dan analisis SWOT untuk mengetahui faktor internal dan eksternal dari masing-masing blok pada Business Model Canvas (BMC). Hasil Penelitian analisis SWOT menunjukkan bahwa toko riteil CV Nur Khairunnisa berada pada internal terkuat. Hal ini menunjukkan bahwa toko riteil berada pada posisi agresif. Strategi pengembangan bisnis dilakukan dengan menggunakan seluruh kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada melalui penggunaan pendekatan analisis Business Model Canvas (BMC) dan analisis SWOT. Penerapan strategi pengembangan bisnis yang dirancang melalui pendekatan Business Model Canvas (BMC) telah dilakukan dengan cukup baik. Akan tetapi, ada beberapa usulan strategi baru yang dimasukkan ke dalam rancangan Business Model Canvas untuk setiap elemen-elemen yang ada setelah dilakukan analisis SWOT. Usulan strategi pada elemen - elemen tersebut diantaranya mengembangkan key resources, menambah cost structure, serta mengajak pelanggan untuk menjadi reseller atau dropshipper sebagai key partnership, customer relationship, dan channel untuk meningkatkan revenue stream.
Keywords : analisis SWOT, Business Model Canvas (BMC)
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SWOT Analysis, Business Model Canvas (BMC). |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 05:47 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 05:47 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39339 |