Pengaruh Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien di Poli Perawatan Gigi dan Mulut RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah = The effect of waiting time on patient satisfaction in the oral care polyclinic of Undata Regional General Hospital, Central Sulawesi


Abduh, Dhiyaan Annisah M.n. (2024) Pengaruh Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien di Poli Perawatan Gigi dan Mulut RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah = The effect of waiting time on patient satisfaction in the oral care polyclinic of Undata Regional General Hospital, Central Sulawesi. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J012221001_tesis_03-09-2024 cover1.jpg

Download (402kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J012221001_tesis_03-09-2024 bab 1-2.pdf

Download (813kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J012221001_tesis_03-09-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J012221001_tesis_03-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 August 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang dan Tujuan: Sistem perawatan kesehatan yang dirancang dengan baik seharusnya tidak membuat pasien menunggu terlalu lama untuk mendapatkan perawatan. Waktu tunggu secara konsisten ditemukan sebagai prediktor signifikan ketidakpuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh waktu tunggu terhadap kepuasan pasien terhadap layanan kesehatan gigi dan mulut. Bahan dan Metode: Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode analitik observasional, dengan pendekatan desain cross-sectional. Subjek penelitian didasarkan pada kriteria inklusi. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan kuesioner. Analisis data penelitian ini menggunakan Uji Normalitas dan Uji Regresi Linier. Hasil: Hasil uji F menunjukkan nilai F sebesar 101,222 dengan nilai P = 0,000. Hal ini menegaskan bahwa model regresi signifikan secara statistik. Nilai R Square sebesar 0,401 menunjukkan bahwa 40,1% variasi kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh waktu tunggu. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun waktu tunggu signifikan, namun masih terdapat variasi kepuasan pasien sebesar 59,9% yang dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan: Waktu tunggu mempengaruhi kepuasan pasien terhadap layanan perawatan gigi dan mulut di rumah sakit.

Kata kunci : Waktu tunggu, Kepuasan Pasien, Waktu tunggu pasien, Pasien

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Waiting time, Patient Satisfaction, Patient waiting time, Patients
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: stfathirah s
Date Deposited: 08 Nov 2024 02:11
Last Modified: 08 Nov 2024 02:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39172

Actions (login required)

View Item
View Item