SIMULASI KINERJA SISTEM LAMPU LALU LINTAS PADA PERSIMPANGAN (Studi kasus : Simpang Lima Bandara Sultan Hasanuddin Makassar)


Patulak, Ferdiand (2024) SIMULASI KINERJA SISTEM LAMPU LALU LINTAS PADA PERSIMPANGAN (Studi kasus : Simpang Lima Bandara Sultan Hasanuddin Makassar). Skripsi thesis, universitas hasanuddin makassar.

[thumbnail of H011191012_skripsi_02-09-2024 bab 1-2.pdf] Text
H011191012_skripsi_02-09-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of H011191012_skripsi_02-09-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
H011191012_skripsi_02-09-2024 cover1.jpg

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of H011191012_skripsi_02-09-2024 dp.pdf] Text
H011191012_skripsi_02-09-2024 dp.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of H011191012_skripsi_02-09-2024.pdf] Text
H011191012_skripsi_02-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang. Tingginya volume kendaraan mengakibatkan kemacetan yang sangat tinggi terutama waktu berangkat kerja (pagi hari) dan pulang kerja (sore hari). Salah satu faktor yang mengakibatkan kemacetan adalah menumpuknya kendaraan pada lampu lalu lintas. Salah satu lampu lalu lintas yang mengalami penumpukan kendaraan di Makassar adalah simpang lima bandara Sultan Hasanuddin. Tujuan. Salah satu solusi mengurangi atau mencegah penumpukan kendaraan pada lampu lalu lintas adalah dengan melakukan analisis pada sistem lalu lintas pada waktu yang rawan terjadi penumpukan kendaraan menggunakan teori antrian. Waktu yang dipilih adalah pada pagi hari dan sore hari disetiap harinya selama seminggu. Metode. Model antrian yang digunakan pada penelitian ini adala model antrian M/D/1, dalam kemudian di simulasikan menggunakan software vissim. Hasil. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada pagi hari penumpukkan terjadi pada jalan tol (95%) dan makassar (103%) sementara pada sore hari puncak kesibukan terjadi pada jalan tol (103%), maros (103%), dan tol (108%). Kesimpulan. Dengan menggunakan hasil penelitian ini, diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang berguna bagi pengelola lalu lintas setempat dalam mengoptimalkan kinerja sistem lampu lalu lintas dan mengurangi kemacetan di persimpangan ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with username chandra
Date Deposited: 31 Oct 2024 02:00
Last Modified: 31 Oct 2024 02:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38706

Actions (login required)

View Item
View Item