Nurfaillah, Nurfaillah (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK SAGO ONE (TEPUNG SAGU) DI CV. PODOMORO MAKASSAR = MARKETING STRATEGY ANALYSIS OF SAGO ONE PRODUCTS (SAGO FLOUR) IN CV. PODOMORO MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
P042221013_tesis_03-09-2024 cover1.jpg
Restricted to Repository staff only
Download (282kB)
P042221013_tesis_bab 1-2.pdf
Download (992kB)
P042221013_tesis_dapus.pdf
Download (804kB)
P042221013_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 August 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Latar belakang. CV. Podomoro Makassar merupakan salah satu industri yang bergerak dalam bidang usaha pengolahan sagu menjadi produk tepung sagu dengan merek “Sago One”. Perusahaan mengalami fluktuasi penjualan dan perusahaan kesulitan dalam memasarkan produk ”Sago One” . Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi apa yang tepat digunakan dalam kegiatan pemasaran produk “Sago One” dan untuk menganalisis strategi apa yang prioritas digunakan dalam kegiatan pemasaran produk “Sago One” di CV. Podomoro Makassar. Metode. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis SWOT dan QSPM. Hasil. Berdasarkan matriks SWOT diperoleh Strategi SO: meningkatkan kualitas tepung sagu yang dipasarkan, memperluas mitra usaha tepung sagu dengan usaha kue kering dan warung bakso yang menggunakan tepung sagu “Sago One” sebagai bahan campuran dalam produknya, serta meningkatkan kapasitas produksi tepung sagu yang dijual. Melalui strategi WO, diharapkan Perusahaan melakukan lebih banyak promosi dan memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi untuk memasarkan produk, memanfaatkan pelatihan dari pemerintah untuk pengembangan produk tepung sagu. Pada strategi ST diharapkan perusahaan menjalin kerjasama yang baik dengan supplier untuk pengembangan usaha yang berkelanjutan, dan mengolah tepung sagu sebagai bahan baku menjadi produk olahan. Sedangkan hasil dari strategi WT merekomendasikan Perusahaan untuk melakukan pelatihan pada petani sagu binaan agar kualitas sagu yang dihasilkan memiliki mutu yang baik, dan meningkatkan kapasitas SDM. Strategi prioritas pemasaran produk "Sago One" diperoleh hasil pada strategi SO. Kesimpulan. Strategi yang dapat dilakukan dalam pemasaran produk "Sago One" ialah sebaiknya Perusahaan meningkatkan kualitas produk dan memperluas mitra usaha tepung sagu, serta meningkatkan kapasitas produksi tepung sagu yang dipasarkan. Ketiga strategi tersebut dapat diterapkan secara bersamaan karena saling mendukung satu dengan yang lainnya.
Keywords : Strategi, Pemasaran, Tepung sagu, Industri, Prioritas
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategic, Marketing, Sago Flour, Industry, and Prioritization. |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions (Program Studi): | Program Pascasarjana > Agribisnis |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 01:27 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 01:27 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38658 |