STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRODUK OLAHAN COKELAT DI CV. PUTRA MATARAM POLEWALI MANDAR = BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY OF PROCESSED CHOCOLATE PRODUCTS IN CV. PUTRA MATARAM POLEWALI MANDAR


Darwis, Muh Fikriadi (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRODUK OLAHAN COKELAT DI CV. PUTRA MATARAM POLEWALI MANDAR = BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY OF PROCESSED CHOCOLATE PRODUCTS IN CV. PUTRA MATARAM POLEWALI MANDAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P042221001_tesis_03-09-2024 cover1.jpg

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P042221001_tesis_03-09-2024 bab 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (438kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P042221001_tesis_03-09-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (366kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P042221001_tesis_03-09-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 28 October 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang. CV. Putra Mataram merupakan salah satu industri di Polewali Mandar yang bergerak dalam bidang usaha pengolahan kakao menjadi produk olahan cokelat. Perusahaan mengalami fluktuasi penjualan setiap tahun dan belum menemukan strategi yang tepat. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis alternatif strategi yang tepat dan prioritas digunakan dalam pengembangan usaha produk olahan cokelat di CV. Putra Mataram Polewali Mandar. Metode. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data didapatkan melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis TOWS dan QSPM. Hasil. Berdasarkan hasil matriks TOWS diperoleh alternatif strategi SO: meningkatkan kualitas produk olahan cokelat yang dipasarkan, memperluas mitra usaha olahan cokelat diberbagai kota/daerah. Melalui strategi WO diharapkan Perusahaan dapat menambah tempat penjualan produk olahan cokelat yang mudah dijangkau konsumen dan memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi untuk memasarkan produk olahan cokelat, serta meningkatkan kapasitas SDM. Sedangkan hasil dari strategi ST, diharapkan Perusahaan dapat memaksimalkan pengembangan produk olahan cokelat sebagai oleh-oleh khas Polewali Mandar, memperluas dan menjalin kerjasama yang baik dengan suplier/pemasok bahan baku biji kakao fermentasi. Kemudian hasil dari strategi WT merekomendasikan Perusahaan untuk melakukan pelatihan/ petani kakao binaan agar kualitas biji kakao yang dihasilkan memiliki mutu yang baik dan melakukan kerjasama dan mengajukan bantuan peralatan produksi cokelat kepada pemerintah. Strategi yang prioritas diperoleh hasil strategi alternatif pada SO. Kesimpulan. Perusahaan harus meningkatkan kualitas produk olahan cokelat yang dipasarkan dan memperluas mitra usaha olahan cokelat diberbagai kota/daerah.

Keywords : Strategi, Pengembangan usaha, Kakao, Olahan cokelat, Prioritas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategy, Business Development, Cocoa, Chocoate Processing, Priority.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 Oct 2024 01:06
Last Modified: 31 Oct 2024 01:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38651

Actions (login required)

View Item
View Item