PENGARUH SWITCHING BARRIERS, KEPUASAN PASIEN, DAN PENGALAMAN PASIEN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP RSUD HAJI PROVINSI SULAWESI SELATAN TAHUN 2023


Ichsan, Rayhani (2023) PENGARUH SWITCHING BARRIERS, KEPUASAN PASIEN, DAN PENGALAMAN PASIEN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP RSUD HAJI PROVINSI SULAWESI SELATAN TAHUN 2023. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of K022202032_tesis_04-01-2024 cover1.png]
Preview
Image
K022202032_tesis_04-01-2024 cover1.png

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of K022202032_tesis_04-01-2024 1-2.pdf] Text
K022202032_tesis_04-01-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of K022202032_tesis_04-01-2024 dp.pdf] Text
K022202032_tesis_04-01-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of K022202032_tesis_04-01-2024.pdf] Text
K022202032_tesis_04-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Pentingnya mempertahankan pasien lama agar tidak berpindah ke rumah sakit pesaing, yaitu salah satu strategi penyedia layanan kesehatan untuk tetap mempertahankan tingkat loyalitas pasiennya. Studi ini bermaksud guna menganalisis apakah variabel switching barriers, kepuasan pasien, dan pengalaman pasien memengaruhi loyalitas pasien di Instalasi Rawat Inap RSUD Haji Provinsi Sulawesi Selatan
Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif mempergunakan studi observasional dengan desain cross-sectional study. Sampel dalam studi ini, yaitu pasien di Insytalasi Rawat Inap RSUD Haji Provinsi Sulawesi Selatan yang sejumlah 115 responden dan diambil mempergunakan data kuesioner. Guna memastikan variabel yang berkorelasi dengan loyalitas pasien, maka perlu menganalisis data mempergunakan chi-square maupun analisis jalur
Hasil studi mempergunakan analisis jalur memperjelas faktor yang berkorelasi dengan loyalitas pasien, yaitu switching barriers (p value=0.001), kepuasan pasien (p value=0.001), dan pengalaman pasien (p value=0.000). Setelah analisis lanjut diketahui bahwa terdapat pengaruh langsung antara switching barriers, kepuasan pasien, dan pengalaman pasien terhadap loyalitas pasien. Atas dasar itulah, disarankan kepada pihak manajemen rumah sakit guna mempertahankan dan mengoptimalkan tingkat loyalitas pasien di instalasi rawat inap melalui pemantauan, serta evaluasi faktor yang memengaruhi switching barrier, peningkatan tingkat kepuasan pasien, dan perbaikan pengalaman pasien RSUD Haji Provinsi Sulawesi Selatan secara optimal dan berkesinambungan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 31 Oct 2024 00:46
Last Modified: 31 Oct 2024 00:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38633

Actions (login required)

View Item
View Item