INTEGRASI AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DALAM KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FKIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR


Bahjah, Dzata (2023) INTEGRASI AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DALAM KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FKIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of C012212012_tesis_06-12-2023 cover1.png]
Preview
Image
C012212012_tesis_06-12-2023 cover1.png

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of C012212012_tesis_06-12-2023 1-2.pdf] Text
C012212012_tesis_06-12-2023 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of C012212012_tesis_06-12-2023 dp.pdf] Text
C012212012_tesis_06-12-2023 dp.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of C012212012_tesis_06-12-2023.pdf] Text
C012212012_tesis_06-12-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract (Abstrak)

Pendidikan memiliki peran utama dalam melahirkan para generasi bangsa yang unggul dan bermartabat. Agar kualitas pendidikan bernilai tinggi, maka penting untuk menerapkan kurikulum dalam suatu sistem pendidikan. Perguruan Tinggi Muhammadiyah merupakan salah satu amal usaha Muhamamdiyah yang bergerak dalam bidang pendidikan yang memiliki ciri khas, yaitu pendidikan Al-Islam Kemuhamamdiyahan (AIK) yang bertujuan untuk membentuk karakter Islami bagi setiap lulusannya sehingga pendidikan AIK perlu terintegrasi ke dalam kurikulum. Penelitian ini ingin melihat secara langsung penerapan integrasi AIK dalam kurikulum Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan integrasi AIK dalam kurikulum PSPD FKIK Unismuh Makassar telah dilaksanakan dengan baik, termasuk dalam proses pembelajaran, baik kelas besar maupun kelas kecil. Dosen yang terlibat antara lain, dosen bidang ilmu keislaman, dosen bidang ilmu kedokteran dan dosen bidang ilmu kedokteran yang mendalami ilmu keislaman. Terdapat beberapa tantangan dalam penerapannya, baik dari aspek regulasi pimpinan, tingkat kesadaran dosen dan mahasiswa, buku pedoman dan lain-lain. Adapun faktor pendukungnya adalah adanya unit khusus, yaitu Departemen AIK, yang memiliki fungsi strategis dalam penerapannya. Namun, internalisasi nilai-nilai AIK belum dapat membudaya dalam kehidupan sehari-hari mahasiswa Kesimpulan: PSPD FKIK Unismuh Makassar telah menerapkan integrasi AIK dalam kurikulum pendidikan kedokteran meskipun masih perlu dilakukan peningkatan dari berbagai aspek agar penerapannya lebih efektif untuk ke depannya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 30 Oct 2024 06:50
Last Modified: 30 Oct 2024 06:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38554

Actions (login required)

View Item
View Item