PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KINERJA TUTOR TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MANDIRI MAHASISWA DALAM KEGIATAN PROBLEM-BASED LEARNING DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HALU OLEO = STUDENT’S PERCEPTION OF TUTOR’S PERFORMANCE ON STUDENT’S SELF-STUDY ACTIVITIES IN PROBLEM-BASED LEARNING AT FACULTY OF MEDICAL HALU OLEO UNIVERSITY


Novitasari, Novitasari (2023) PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KINERJA TUTOR TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MANDIRI MAHASISWA DALAM KEGIATAN PROBLEM-BASED LEARNING DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HALU OLEO = STUDENT’S PERCEPTION OF TUTOR’S PERFORMANCE ON STUDENT’S SELF-STUDY ACTIVITIES IN PROBLEM-BASED LEARNING AT FACULTY OF MEDICAL HALU OLEO UNIVERSITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C012212007_tesis_06-12-2023 cover1.png

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C012212007_tesis_06-12-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C012212007_tesis_06-12-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C012212007_tesis_06-12-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 August 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Pembelajaran berbasis masalah (PBL) merupakan strategi pembelajaran yang banyak diterapkan dalam pendidikan kedokteran di Asia. Kinerja tutor penting dalam menentukan keberhasilan program ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa tentang peran tutor terhadap kemandirian belajar mahasiswa dalam kegiatan PBL. Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa tentang kinerja tutor terhadap kegiatan belajar mandiri dalam kegiatan problem-based learning di FK UHO. Metode : Desain penelitian observasional prospektif menggunakan pendekatan mixed-method yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo pada bulan Mei 2023. Semua mahasiswa kedokteran aktif dalam fase akademik pada angkatan 2020-2022 akan diikutsertakan dalam fase pertama hingga memperoleh data kuantitatif melalui penyebaran kuesioner. Selanjutnya bagian kualitatif penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dengan sejumlah mahasiswa yang mewakili berbagai tingkat. Hasil dari penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif dikumpul dan diintegrasikan. Uji korelasi Pearson akan digunakan untuk menguji korelasi antara kedua variabel. Hasil: Untuk studi kuantitatif : Dari 341 peserta yang terdiri dari angkatan 2020-2022 sebagian besar responden menyatakan tutor berkinerja baik (84,2%) dan memiliki aktivitas belajar mandiri yang baik (77,1%). Terdapat korelasi hubungan antara kinerja tutor dengan aktivitas belajar mandiri siswa (r=0,797, p=0,000) yang merupakan korelasi kuat. Dari hasil integrasi didapatkan tema positif yaitu tutor mendorong mahasiswa dalam pembelajaran aktif dan pembelajaran mandiri. Untuk tema negative didapatkan tutor kurang memberi feedback, tidak disiplin dan kurang dalam berinteraksi. Kesimpulan: Kinerja tutor yang baik penting dalam menentukan kemampuan belajar mandiri mahasiswa kedokteran. Perlu dilakukan evaluasi dan pelatihan secara berkala untuk menjaga kualitas kinerja tutor PBL dalam kondisi yang baik.

Kata kunci : Pembelajaran mandiri, pendidikan kedokteran, problem based learning, tutor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 30 Oct 2024 01:41
Last Modified: 30 Oct 2024 01:41
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38546

Actions (login required)

View Item
View Item