Husna, Meydinatul (2024) EFEKTIVITAS SELF-REWARD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN MTSN 1 BONE = THE EFFECTIVENESS OF SELF-REWARDS IN CREASING THE LEARNING MOTIVATION OF MALE AND FEMALE STUDENTS AT MTSN 1 BONE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/38383/1.hassmallThumbnailVersion/E031201018_skripsi_27-08-2024%20cover1.jpg)

E031201018_skripsi_27-08-2024 cover1.jpg
Download (384kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
E031201018_skripsi_27-08-2024 bab1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
E031201018_skripsi_27-08-2024 dp.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
E031201018_skripsi_27-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 August 2026.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Latar belakang. Motivasi belajar merupakan faktor penting yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi akan lebih giat belajar dan lebih bersemangat untuk mencapai tujuan belajarnya. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar adalah Self-reward. Self-reward adalah pemberian penghargaan kepada diri sendiri atas pencapaian tertentu. Penghargaan tersebut dapat berupa hal-hal yang bersifat materi, seperti barang atau uang, atau hal-hal yang bersifat non-materi, seperti pujian, penghargaan, atau kesempatan untuk melakukan sesuatu yang disukai. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu, Self-Reward efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Namun, penelitian-penelitian tersebut umumnya hanya dilakukan pada siswa secara umum, tanpa membedakan berdasarkan jenis kelamin. Hasil. Bentuk-bentuk self-reward yang dilakukan oleh siswa siswi MTsN 1 Bone yaitu, membeli hadiah, membeli makanan, bermain game, menonton film, jalan-jalan, pujian untuk diri sendiri, istirahat, mendengarkan musik, dan mendaki, namun yang memiliki frekuensi paling banyak dilakukan oleh siswa adalah bermain game. Self-reward dalam meningkatkan motivasi belajar memiliki manfaat tersendiri bagi siswa. Pada hasil penelitian ini penggunaan self-reward dalam konteks belajar dapat mempengaruhi dinamika sosial diantara semua pelajar karena dengan adanya self-reward dapat membantu untuk meningkatkan kerjasama antar sesama pelajar. Selain itu, self-reward ini juga ternyata dapat membuat siswa lebih sering berinteraksi dengan orang lain. Kesimpulan. Untuk siswa laki-laki kebanyakan menggunakan self-reward non-materi yaitu dengan pengalaman menantang seperti mendaki gunung, ikut lomba, dan lain-lain. Sedangkan untuk siswa perempuan, mereka lebih banyak menggunakan self-reward yang bersifat materi yaitu hadiah kecil seperti buku favorit, aksesoris belajar, dll. Penggunaan self-reward dalam konteks belajar dapat mempengaruhi dinamika sosial diantara semua pelajar karena dengan adanya self-reward dapat membantu untuk meningkatkan kerjasama antar sesama pelajar. Selain itu, self-reward ini juga ternyata dapat membuat siswa lebih sering berinteraksi dengan orang lain.
Kata kunci : self-reward, motivasi belajar, siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | self-reward, motivation to learn, student |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | stfathirah s |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 01:22 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 01:22 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38383 |