ANALISA BEBAN KERJA PENGELASAN PADA PROSES PERAKITAN BLOK XI KAPAL FERRI RO-RO 300 GT


Fajri, Imam Naufal Fadhlan (2023) ANALISA BEBAN KERJA PENGELASAN PADA PROSES PERAKITAN BLOK XI KAPAL FERRI RO-RO 300 GT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D31116309_skripsi_02-01-2024 cover1.png]
Preview
Image
D31116309_skripsi_02-01-2024 cover1.png

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of D31116309_skripsi_02-01-2024 1-2.pdf] Text
D31116309_skripsi_02-01-2024 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of D31116309_skripsi_02-01-2024 dp.pdf] Text
D31116309_skripsi_02-01-2024 dp.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of D31116309_skripsi_02-01-2024.pdf] Text
D31116309_skripsi_02-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Pembangunan kapal merupakan suatu pekerjaan yang kompleks dan membutuhkan banyak waktu. Cepat atau lambatnya proses pembangunan kapal tergantung dari metode pembangunan yang digunakan. Dalam proses pembangunan kapal, Untuk merencanakan proses pengelasan pada material plat, diperlukan beberapa metode dan juga posisi yang tepat. Pembangunan kapal dengan metode pembagian block dapat memudahkan dalam perhitungan beban pekerjaan dan menjadi acuan perencanaan dalam perhitungan biaya pembangunan kapal. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, yaitu dengan melakukan pembuatan grand block division menggunakan software sketchup berdasarkan dimensi ukuran pada block serta ukuran pada tiap-tiap elemen konstruksi pada bagian (blok B.11) kapal ferry 300 GT kemudian menentukan Jumlah Komponen Konstruksi, Berat Block, Panjang Objek Pengelasan dan Perhitungan Kebutuhan Elektroda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jumlah sub-block pada kapal Ferry Ro-Ro 300GT berjumlah 3 yaitu Passenger deck, Portside dan Starboard. Untuk sub blok portside memiliki 5 komponen yaitu side plate, web frame, mainframe, stringer, dan bracket begitupun dengan starboard, sedangkan untuk sub block passenger deck memiliki 5 komponen yaitu deck plate, transversal deck beam, girder transversal deck beam, longitudinal deck beam dan bracket. Total panjang objek pengelasan untuk sub blok passenger deck yaitu 157,57m, total panjang pengelasan untuk portside dan starboard sama maka dapat di simpulkan panjangnya adalah 70,48 m. Kemudian Kebutuhan elektroda pada kapal Ferry Ro-Ro 300GT untuk sub-blok passenger yaitu seberat 19,21 kg untuk portside dan starboard seberat 8,59 kg.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 28 Oct 2024 01:54
Last Modified: 28 Oct 2024 01:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38378

Actions (login required)

View Item
View Item