HUBUNGAN SOSIAL PEDAGANG KAKI LIMA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KAWASAN WISATA KULINER LINGKUNGAN PADONGKOKELURAHAN MANGEMPANG KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU = SOCIAL RELATIONS OF STREET VENDORS DURING THE COVID-19 PANDEMIC IN THE PADONGKO ENVIROMENTAL CULINARY TOURISM AREA, MANGEMPANG VILLAGE, BARRU DISTRICT, BARRU REGENCY


Arlisa, Arlisa (2024) HUBUNGAN SOSIAL PEDAGANG KAKI LIMA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KAWASAN WISATA KULINER LINGKUNGAN PADONGKOKELURAHAN MANGEMPANG KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU = SOCIAL RELATIONS OF STREET VENDORS DURING THE COVID-19 PANDEMIC IN THE PADONGKO ENVIROMENTAL CULINARY TOURISM AREA, MANGEMPANG VILLAGE, BARRU DISTRICT, BARRU REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E031171005_skripsi_27-08-2024 cover1.jpg

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E031171005_skripsi_27-08-2024 bab1-2.pdf

Download (602kB)
[thumbnail of Daftar pustaka] Text (Daftar pustaka)
E031171005_skripsi_27-08-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E031171005_skripsi_27-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ARLISA. Hubungan sosial pedagang kaki lima pada masa pandemi covid-19 di kawasan wisata kuliner lingkungan Padongko Kelurahan Mangempang Kecamatan Barru Kabupaten Barru ( dibimbing oleh Prof. Dr. Dwia Aries Tina Palubuhu, MA selaku Pembimbing Akademin satu dan Dr. M. Ramli AT.M.Si sebagai Pembimbing Akademik dua). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis munculnya wabah pandemi covd-19 terhadap hubungan social pedagang serta cara pedagang mempertahankan kelangsungan usahanya selama dan pasca pandemi. Metode yang digunakan adlah penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik survei dan pengambilan sampel secara sensus sampling, menghasilkan 33 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum pandemi covid-19 hubungan sosial pedagang membentuk dua proses yaitu proses asosiatif terjadi kerjasama dan proses disosiatif persaingan tetapi tidak sampai terjadinya pertentangan (konflik) setelah munculnya pandemi covid-19 dikeluarkanya beberapa kebijakan pedagang mengambil tindakan sehingga mengalami terjadinya perubahan hubungan sosial berdasarkan intesitas dalam berinteraksi. Selain itu adanya pandemi juga mengalami pendapatan Pedagang menurun sulitnya dalam mempertahankan kelangsungan usaha maka pedagang mengambil cara dalam menghadapi situasi tersebut tidak hanya selama pandemi namun pasca pemulihan pandemi pedagang tetap melakukan cara ini karena keadaan belum sepenuhnya normal seperti awal sebelum pandemi.

Kata Kunci : Hubungan Sosial, Pedagang, COVID-19, Kelangsungan Usaha, Tindakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Social Relations, Traders, COVID-19, Business Continuity, Action
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: stfathirah s
Date Deposited: 18 Oct 2024 06:11
Last Modified: 18 Oct 2024 06:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38357

Actions (login required)

View Item
View Item