MODEL FREKWENSI KECELAKAAN BERBASIS KARAKTERISTIK MIKROSKOPIK PADA KONDISI LALU LINTAS HETEROGEN DI KOTA MAKASSAR


HALIM, HASMAR (2018) MODEL FREKWENSI KECELAKAAN BERBASIS KARAKTERISTIK MIKROSKOPIK PADA KONDISI LALU LINTAS HETEROGEN DI KOTA MAKASSAR. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
18_P0800313416_Disertasi_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
18_P0800313416_Disertasi(FILEminimizer)...ok 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
18_P0800313416_Disertasi(FILEminimizer)...ok dapus-lam.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18_P0800313416_Disertasi(FILEminimizer)...ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

HASMAR HALIM, Model Frekwensi Kecelakaan Berbasis Karakteristik Mikroskopik Pada Kondisi Lalu Lintas Heterogen Di Kota Makassar (Dibimbing Oleh Sakti Adji Adisasmita, M. Isran Ramli, Sumarni Hamid Aly)
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang karakteristik kecelakaan di Kota Makassar dan menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi kecelakaan berdasarkan pada tingkat keparahan korban. Samping itu penelitian ini bertujuan untuk menentukan lokasi rawan kecelakaan yang akan digunakan untuk memodelkan frekwensi kecelakaan lalu lintas berbasis karakteristik mikroskopis.
Data sekunder dari penelitian ini bersumber dari Unit Kecelakaan Lalu Lintas Polrestabes Kota Makassar periode Tahun 2012-2015 dan data primer yang digunakan bersumber dari ruas jalan yang teridentifikasi sebagai daerah rawan kecelakaan. Pendekatan yang dilakukan dalam membentuk model adalah dengan menggunakan software VISSIM untuk mengetahui karakteristik mikroskopis dan untuk analisis menggunakan metode regresi linier maupun non linier.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecelakaan di Kota Makassar cukup tinggi dengan rata-rata korban mencapai 3,76 org/hari. Peran korban dan jenis kecelakaan merupakan faktor yang signifikan penyebab terjadinya kecelakaan. Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Urip Sumiharjo dan Jalan A.P. Pettarani merupakan jalan yang teridentifikasi sebagai daerah rawan kecelakaan. Model frekwensi kecelakaan menunjukkan bahwa model persamaan eksponensial memiliki kecocokan yang cukup kuat terhadap variabel mikroskopis. dengan nilai koefisien determinasi dengan nilai koefsien determinasi sebesar 0,698, 0,735 dan 0,716 untuk periode waktu pagi, siang dan sore pada jarak longitudinal. Sedangkan untuk jarak lateral koefisien determinasi sebesar 0,696, 0,737 dan 0,715 pada periode yang waktu sama.
Keywords: Frekwensi Kecelakaan Lalu Lintas, Karakteristik Lalu Lintas Mikroskopik, Lalu Lintas Heterogen.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Mar 2021 06:16
Last Modified: 18 Mar 2021 06:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3833

Actions (login required)

View Item
View Item