Irfan, Muhammad (2023) PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN DOKTER SPESIALIS ILMU PENYAKIT MATA TERKAIT LINGKUNGAN PENDIDIKAN: MIXED METHOD. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
C012212004_tesis_06-12-2023 cover1.png
Download (130kB) | Preview
C012212004_tesis_06-12-2023 1-2.pdf
Download (3MB)
C012212004_tesis_06-12-2023 dp.pdf
Download (1MB)
C012212004_tesis_06-12-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang: Lingkungan pendidikan (LP) yang baik akan memengaruhi kualitas dan standar proses pembelajaran, kinerja peserta didik dan luaran kurikulum. Kualitas LP merupakan prediktor kualitas pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian kami adalah untuk menilai persepsi mahasiswa tentang LP pada program pendidikan dokter spesialis ilmu kesehatan mata untuk perbaikan di masa yang akan datang. Metode: Desain mixed method dengan explanatory sequential design diimplementasikan dalam penelitian ini menggunakan The Postgraduate Hospital Educational Environment Measure (PHEEM) sebagai pendekatan kuantitatif dan open-ended questions dikolaborasikan dengan focus group discussion (FGD) sebagai pengukuran kualitatif yang dilakukan sejak Desember 2022 hingga Mei 2023. Perbandingan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan analisis parametrik dan non-parametrik. Analisis tematik dilakukan untuk data kualitatif. Integrasi data kuantitatif dan kualitatif dilakukan dengan menghubungkan hasil kedua data. Hasil: Total 53 mahasiswa berpartisipasi dalam survei penelitian ini. 20 orang di antaranya dipilih untuk mengikuti FGD. Skor rata-rata PHEEM keseluruhan adalah 123,40 ±12,35 yang menunjukkan LP yang sangat baik sedangkan skor rata-rata persepsi peran otonomi, persepsi pengajaran dan persepsi dukungan sosial masing-masing adalah 42,57±4,62, 47,75±4,84 dan 33,08±4,15. Tidak ada perbedaan signifikan antara jenis kelamin dan masa studi terhadap persepsi LP. Analisis tematik dari data kualitatif mengungkapkan 6 tema persepsi positif antara lain dosen pendidik klinis yang baik, lingkungan belajar yang kondusif, sistem pembelajaran yang teratur, lingkungan sosial yang bersahabat, rekan kerja yang mendukung dan fasilitas yang baik. Dari sudut pandang persepsi negatif, diidentifikasi 5 tema yang terdiri dari fasilitas yang kurang optimal, kesempatan belajar yang tidak memadai, tugas yang tidak sesuai, waktu bimbingan yang kurang dan kurangnya wahana pendidikan. Semua tema yang ditemukan dikonfirmasi dan sesuai dengan hasil kuantitatif persepsi LP. Kesimpulan: Persepsi lingkungan pendidikan dalam program pendidikan dokter spesialis ilmu kesehatan mata sangat baik, yang mendukung keterampilan dan kualitas kinerja mahasiswa. Beberapa area spesifik masih memerlukan strategi perbaikan untuk pengembangan program studi.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan pendidikan, PHEEM, ilmu kesehatan mata, residen, mixed method |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:03 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:03 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38191 |