Perancangan Aplikasi Kesehatan berbasis Structural Gamification untuk Peningkatan Gaya Hidup Sehat Masyarakat di Kota Makassar = Development of a Structural Gamification-Based Health Application for Promoting Healthy Lifestyles among the Community in Makassar City


Idham, Andi Fitria (2024) Perancangan Aplikasi Kesehatan berbasis Structural Gamification untuk Peningkatan Gaya Hidup Sehat Masyarakat di Kota Makassar = Development of a Structural Gamification-Based Health Application for Promoting Healthy Lifestyles among the Community in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R011201001_skripsi_08-08-2024 cover1.png

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R011201001_skripsi_08-08-2024 1-2.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R011201001_skripsi_08-08-2024 dp.pdf

Download (881kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R011201001_skripsi_08-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 October 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang: Structural gamification adalah penerapan fitur yang terdapat pada video game pada konteks non-permainan. Konsep yang umumnya diterapkan pada aplikasi jual beli perusahaan start up ini belakangan mulai diadopsi pada aplikasi kesehatan dan olahraga seperti Google Fit, Strava, dan Health. Melihat potensi pemanfaatan konsep ini, penulis berinisiatif untuk merancang aplikasi yang bertujuan untuk meningkatkan gaya hidup sehat masyarakat.
Metode: Desain penelitian menggunakan rancangan kuantitatif yang didasarkan pada metode waterfall untuk pengembangan aplikasi yang terdiri atas rekruitmen, desain sistem, konstruksi, pengujian, dan pengembangan. Sampel penelitian ini adalah warga di Kota Makassar yang dijangkau peneliti melalui kunjungan ke lokasi pusat olahraga.
Hasil: Berdasarkan hasil pengujian, diketahui bahwa mayoritas responden sepakat dengan keseluruhan komponen aplikasi yang ditawarkan, mencakup penyesuaian edukasi dengan pengetahuan awal serta status dan riwayat kesehatan, kebutuhan fitur notifikasi, konsultasi, preferensi edukasi dengan video, penggunaan metode permainan, pengumpulan poin/koin, sistem tingkatan, hadiah, papan peringkat, quiz, target, tantangan, lencana peringkat, dan share.
Kesimpulan & Saran: Keseluruhan komponen yang ditawarkan, yaitu 15 bagian ekspektasi aplikasi telah dijadikan bahan pertimbangan pembuatan prototype aplikasi kesehatan berbasis structural gamification. Melihat besarnya potensi manfaat dan antusiasme masyarakat, peneliti merekomendasikan realisasi konsep aplikasi ini untuk peningkatan gaya hidup sehat masyarakat di Kota Makassar. Peneliti selanjutnya diharapkan melaksanakan pengambilan data pada area yang lebih luas dan mengidentifikasi lebih detail terkait komponen-komponen aplikasi.

Keywords : Gamifikasi, Aplikasi Kesehatan, Structural Gamification.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gamification, Health Application, Structural Gamification.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Keperawatan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 24 Oct 2024 02:27
Last Modified: 24 Oct 2024 02:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38091

Actions (login required)

View Item
View Item