Hasrullah, Excelsia Ramadhany (2024) Analisis Rantai Pasok, Margin dan Efisiensi Saluran Pemasaran Beras di Kabupaten Bone = Analysis of Supply Chain, Margin and Efficiency of Rice Marketing Channels in Bone Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
P042211006_tesis_06-08-2024 cover1.png
Download (154kB) | Preview
P042211006_tesis_06-08-2024 1-2.pdf
Download (801kB)
P042211006_tesis_06-08-2024 dp.pdf
Download (643kB)
P042211006_tesis_06-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Excelsia Ramadhany Hasrullah. Analisis Rantai Pasok, Margin dan Efisiensi Saluran Pemasaran Beras di Kabupaten Bone. (Dibimbing oleh Musran Munizu dan Letty Fudjaja).
Rantai pasok dalam saluran pemasaran beras mengacu pada aliran beras dari produsen hingga konsumen akhir. Adanya selisih harga yang relatif tinggi antara harga beras yang dibayar oleh konsumen dengan harga ditingkat produsen menunjukkan bahwa masih tingginya biaya pemasaran dan keuntungan yang diambil oleh lembaga pemasaran, sehingga efisiensi pemasaran juga belum dapat tercipta dalam meningkatkan bagian yang diterima produsen beras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pola atau mekanisme serta peranan rantai pasok beras di Kabupaten Bone dan untuk menganalisis besarnya margin dan efisiensi saluran pemasaran beras di Kabupaten Bone. Penelitian ini berlangsung di empat kecamatan yaitu Kecamatan Awampone, Kecamatan Sibulue, Kecamatan Barebbo dan Kecamatan Bengo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Responden adalah petani sebanyak 30 orang, informan lembaga pemasaran dalam penelitian terdiri dari 4 informan penggilingan dan 5 informan pedagang. Sasaran pola rantai pasok, peranan pelaku rantai pasok, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran menjadi pembahasan utama dalam penelitian ini. Hasil analisis pemasaran beras di Kabupaten Bone diketahui bahwa ada tiga jenis saluran pemasaran, yaitu: saluran pemasaran I, petani langsung kepada konsumen. Saluran pemasaran II, dari petani ke pedagang pengumupul (penggilingan) kemudian ke pedagang pengecer, lalu ke konsumen. Saluran pemasaran III, dari petani ke pedagang pengumupul (penggilingan) kemudian ke pedagang pengecer antar pulau, lalu ke konsumen. Margin saluran pemasaran I tidak ada, margin saluran pemasaran II adalah Rp 6.800,-/kg, dan margin saluran pemasaran III adalah Rp 9.300,-/kg. Dan dari saluran pemasaran yang ada di Kabupaten Bone sudah efisien bagi petani.
Kata Kunci : Rantai Pasok, Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supply Chain, Marketing Channels, Marketing Margins, Marketing Efficiency. |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions (Program Studi): | Program Pascasarjana > Agribisnis |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 01:28 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 01:28 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38023 |