Hubungan Antara Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Motorik Kasar dan Perkembangan Bahasa Anak Umur 3-5 Tahun di Posyandu Wonumulyo Polewali Mandar


Alwi, Citra Aulia (2024) Hubungan Antara Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Motorik Kasar dan Perkembangan Bahasa Anak Umur 3-5 Tahun di Posyandu Wonumulyo Polewali Mandar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R021201047_skripsi_16-07-2024 1-2.pdf

Download (575kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R021201047_skripsi_16-07-2024 cover1.png

Download (958kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
R021201047_skripsi_16-07-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R021201047_skripsi_16-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang. Anak pada umur dini merupakan anak yang sedang berada pada golden age period, masa ini sangat penting pada anak dikarenakan perkembangan otak mencapai 80% dengan pertumbuhan sekitar 100-200 milyard sel otak. Sehingga pada masa keemasan ini potensi yang ada pada anak harus dikembangkan dengan baik, Memperkenalkan serta menggunakan gadget pada anak sejak dini pasti akan berdampak terhadap tumbuh kembang anak, belum pernah ada penelitian ini di wonomulyo membuat peneliti ingin melakukan pengkajian lebih lanjut khususnya pada anak umur 3-5 tahun. Tujuan. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara durasi penggunaan gadget terhadap kemampuan motorik kasar dan perkembangan bahasa pada anak umur 3-5 tahun di posyandu wonomulyo. Metode. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara durasi penggunaan gadget terhadap kemampuan motorik kasar dan perkembangan bahasa pada anak umur 3-5 tahun di Posyandu Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Diperoleh sampel sebesar 51 anak yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Durasi penggunaan gadget diukur dengan wawancara orang tua sedangkan kemampuan motorik kasar dan perkembangan bahasa diukur dengan menggunakan denver II test. Hasil. ji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji Spearman, didapatkan nilai sig 0,001 (sig 0,05), sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang antara durasi penggunaan gadget terhadapt kemampuan motorik kasar, serta didapatkan nilai sig 0,001 (sig 0,05). Sehingga diperoleh Kesimpulan. bahwa terdapat hubungan yang antara durasi penggunaan gadget terhadapt perkembangan bahasaaterdapat hubungan signifikan antara durasi penggunaan gadget terhadap kemampuan motorik kasar dan perkembangan bahasa pada anak umur 3-5 tahun di posyandu wonomulyo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gadget, motorik kasar, bahasa, anak
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Profesi Fisioterapi
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 17 Oct 2024 01:31
Last Modified: 17 Oct 2024 01:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38020

Actions (login required)

View Item
View Item