NURUNG, JUMIATY (2018) PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI PELAYANAN PUBLIK, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK ASN (Studi pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bantaeng). Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.
18_P0900316008_Disertasi(FILEminimizer).pdf
Download (6MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh langsung kepemimpinan terhadap kepuasan kerja, (2) pengaruh langsung kepemimpinan terhadap kualitas
pelayanan publik, (3) pengaruh langsung motivasi pelayanan publik terhadap kepuasan kerja, (4) pengaruh langsung motivasi pelayanan publik terhadap kualitas pelayanan publik, (5) pengaruh langsung kepuasan kerja terhadap kualitas pelayanan publik, (6) pengaruh tidak langsung kepemimpinan terhadap kualitas pelayanan publik melalui kepuasan kerja, dan (7) pengaruh tidak langsung motivasi pelayanan publik terhadap kualitas pelayanan publik melalui kepuasan kerja ASN di Kabupaten Bantaeng.
Penelitian ini dilaksanakan pada Kabupaten Bantaeng dimana yang menjadi objek penelitian adalah seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemerintahan
Kabupaten Bantaeng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey lapangan dengan memberikan kuesioner kepada 369 responden. Pengambilan sampel
dilakukan secara purposive sampling di mana unsur pimpinan (eselon 1-3) diambil semua, eselon 4 hanya 10% dari populasi, sedangkan pegawai juga hanya 10% dari
populasi. Data dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), yang dioperasikan melalui program AMOS 23.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan kerja dan kualitas pelayanan publik, sehingga jika kepemimpinan ditingkatkan maka akan semakin meningkat pula kepuasan kerja dan kualitas pelayanan
public. Motivasi pelayanan publik berpengaruh langsung positif signifikan terhadap kepuasan kerja dan kualitas pelayanan public, sehingga semakin baik motivasi
pelayanan publik maka akan berimplikasi terhadap peningkatan kepuasan kerja dan kualitas pelayanan publik, hasil penelitian ini memperbaiki hasil sebelumnya khususnya kajian yang dilakukan di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan, motivasi pelayanan publik, kepuasan kerja, dan kualitas pelayanan publik |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | - Nurhasnah |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 07:40 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:40 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37800 |