ANALISIS KEPUTUSAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN ONLINE PRODUK OLAHAN PERIKANAN (Studi Kasus UMKM Mega Buana Makassar)


Hasman, Nuramalia (2023) ANALISIS KEPUTUSAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN ONLINE PRODUK OLAHAN PERIKANAN (Studi Kasus UMKM Mega Buana Makassar). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of L24116310_skripsi_07-06-2023 cover1.png]
Preview
Image
L24116310_skripsi_07-06-2023 cover1.png

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of L24116310_skripsi_07-06-2023 1-2.pdf] Text
L24116310_skripsi_07-06-2023 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of L24116310_skripsi_07-06-2023 dp.pdf] Text
L24116310_skripsi_07-06-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of L24116310_skripsi_07-06-2023.pdf] Text
L24116310_skripsi_07-06-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen yang melakukan pembelian produk olahan perikanan secara online dan faktor apa yang memengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian produk olahan perikanan secara online di UMKM Mega Buana Makassar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan bulan Juni tahun 2022. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah judgemental sampling, dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 30 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif statistik dan analisis regresi linier berganda. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah karakteristik responden yang melakukan pembelian produk olahan perikanan secara online didominasi oleh konsumen dengan jenis kelamin perempuan, untuk kisaran usia berada pada kisaran usia 42-51 tahun, dan untuk jenis pekerjaan didominasi oleh konsumen dengan pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Untuk faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian produk olahan perikanan secara online, berdasarkan hasil uji T diperoleh hasil bahwa variabel kualitas produk dan harga produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian produk olahan perikanan secara online, sedangkan ongkos kirim dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan uji F, secara simultan variabel kualitas produk, harga produk, ongkos kirim, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, sedangkan untuk hasil uji koefisien determinasi, menunjukkan bahwa sebesar 64,4% variabel kualitas produk, harga produk, ongkos kirim dan promosi berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian produk olahan perikanan secara online, dan sisanya sebesar 35,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Sosek Perikanan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 03 Oct 2024 06:46
Last Modified: 03 Oct 2024 06:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37740

Actions (login required)

View Item
View Item