Pengaruh Dialek Bugis Dalam Pelafalan Surah Al-Fatihah (Studi Kasus Imam Masjid Di Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara) = أثر لهجة البوغيسية في نطق سورة الفاتحة دراسة حالة النطق إمام المساجد بوني بوني لووو الشمالية


Arifin, Muh. Fadil (2024) Pengaruh Dialek Bugis Dalam Pelafalan Surah Al-Fatihah (Studi Kasus Imam Masjid Di Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara) = أثر لهجة البوغيسية في نطق سورة الفاتحة دراسة حالة النطق إمام المساجد بوني بوني لووو الشمالية. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F031181007_skripsi_04-04-2024 cover1.png

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F031181007_skripsi_04-04-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F031181007_skripsi_04-04-2024 dp.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F031181007_skripsi_04-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 September 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Muhammad Fadil Arifin, 2024. Pengaruh Dialek Bugis Pada Pelafalan Surah Al-Fatihah Imam-Imam Masjid Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara (Suatu Tinjauan Fonologi), Skripsi. Jurusan Sastra Arab , Departemen Sastra Asia Barat Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Hasanuddin. Pembimbing 1 Dr. Zuhriah, S.S.,M.Hum. dan Pembimbing 2 Dr. Syamsul Bahri Abdul Hamid, Lc.,M.A.
Skripsi ini membahas tentang kesalahan-kesalahan penutur Bugis dalam melafadzkan ayat-ayat suci Al-Qur’an khususnya pada surah Al-Fatihah serta melihat bagaimana pengaruh Dialek Bahasa Bugis pada Pelafalan Penutur Bugis tersebut. Peneliti memilih Imam-Imam Masjid di Kecamatan Bone-Bone karena pada wilayah ini terdapat banyak Imam yang bersuku asli Bugis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan pelafalan Surah Al-Fatihah Imam-Imam Masjid di Kecamatan Bone-Bone serta menganalisis pengaruh dialek Bugis pada pelafalan ayat-ayat suci Al-Qur’an tersebut. Populasi pada penelitian ini adalah semua Imam-Imam Masjid yang bersuku Bugis di Kecamatan Bone-Bone dengan mengambil 19 imam sebagai sampelnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif. Adapun Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif melalui tahapan reduksi data, klasifikasi data dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan kesalahan pelafalan terjadi pada semua ayat surah Al-Fatihah oleh Imam-Imam Masjid kecuali pada beberapa kata/kalimat, yaitu : (بِسْمِ ٱللَّهِ, لِلَّهِ رَبِّ, مَٰلِكِ يَوْم, ٱهْدِنَا, ٱلَّذِينَ أَنْعَمْتَ, عَلَيْهِمْ غَيْرِ, وَلَا) kesalahan tersebut dipengaruhi oleh dialek Bahasa Bugis seperti, mengubah konsonan nasal n\m menjadi ng, menambahkan vocal (e) pada ayat-ayat tertentu, menghilangkan fonem pada ayat ayat tertentu, mengganti bunyi konsonan ط) ) menjadi (ت) dan konsonan (ص) menjadi (س), mengubah bacaan ayat yang bersifat Tafkhim/tebal menjadi Tarqiq/tipis dan yang terakhir mengubah bunyi vocal (a) menjadi konsonan (ng).

Keywords : Fonologi Bahasa Bugis, Fonologi Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bugis Language Phonology, Arabic Phonology.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Asia Barat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Sep 2024 05:59
Last Modified: 18 Sep 2024 05:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37611

Actions (login required)

View Item
View Item