TA’ALLUM: MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ASING DENGAN SALURAN TERINTEGRASI LURING DAN DARING PADA PPMI SHOHWATUL IS’AD = TA’ALLUM: FOREIGN LANGUAGE LEARNING MODEL WITH INTEGRATED OFFLINE AND ONLINE CHANNELS AT PPMI SHOHWATUL IS'AD


Masrur, Masrur (2024) TA’ALLUM: MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ASING DENGAN SALURAN TERINTEGRASI LURING DAN DARING PADA PPMI SHOHWATUL IS’AD = TA’ALLUM: FOREIGN LANGUAGE LEARNING MODEL WITH INTEGRATED OFFLINE AND ONLINE CHANNELS AT PPMI SHOHWATUL IS'AD. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F013211001_disertasi_30-07-2024 cover1.png

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F013211001_disertasi_30-07-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F013211001_disertasi_30-07-2024 dp.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F013211001_disertasi_30-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 September 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Masrur Makmur. 2024. A’allum: model pembelajaran bahasa asing dengan saluran terintegrasi luring dan daring pada PPMI Shohwatul Is’ad. Dissertation. Lingusitics Science Study Program of Cultural Science Faculty of Hasanuddin University. (Supervised by Hamzah Machmoed, Mardi Ardi Amin, and Yusring Sanusi Baso).
Penelitian ini bertujuan (1) memaparkan kondisi aktual pembelajaran bahasa asing pada PPMI Shohwatul Is’ad; (2) merancang pengembangan model pembelajaran bahasa asing dalam bentuk aplikasi learning management system yang disebut a’allum, dan (3) memetakan bentuk implementasi model pembelajaran bahasa asing secara luring dan daring berbasis aplikasi a’allum tersebut. Peneliti menggunakan pendekatan metodologi campuran antara metode kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan metodologi campuran ini dipilih peneliti karena metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) dan Pre and Post Test One Group Design. Penggunaan metode R & D mensyaratkan metode pengumpulan data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Secara khusus metode R & D mewajibkan analisis kebutuhan yang memerlukan data kualitatif dan kuantitaif. Adapun pendekatan keilmuan dalam disertasi ini adalah linguistik terapan (applied linguistics) yang fokus pada teknologi pembelajaran (educational technology) dan proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan (1) kondisi aktual pembelajaran bahasa asing secara luring dan daring di PPMI Shohwatul Is’ad dapat berjalan dengan baik karena didukung oleh sarana dan prasarana yang dimiliki pondok memadai, termasuk media-media dan teknologi pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar-mengajar bahasa asing; (2) PPMI Shohwatul Is’ad berhasing mengembangkan model pembelajaran bahasa asing secara luring dan daring melalui aplikasi a’allum. Bahkan PPMI Shohwatul Is’ad berhasil membangun ulang aplikasi pembelajaran a’allum dengan pengayaan fitur-fitur pendukung pembelajaran, teknis implementasinya, dan cara mengevaluasi pembelajaran bahasa asingnya secara luring dan daring. Aplikasi a’allum tersebut telah dievaluasi oleh ahli media dan ahli intruksional serta ahli konten pembelajaran. Selain itu, aplikasi ini telah diujicobakan kepada kelompok kecil guru PPMI Shohwatul Is’ad dan beberapa santri. Selanjutnya, model aplikasi a’allum telah diujikan kepada kelompok besar guru dan santri; dan (3) bentuk implementasi model pembelajaran bahasa asing di PPMI Shohwatul Is’ad adalah penggunaan aplikasi a’allum yang dapat digunakan secara luring dan daring serta hybrid antara keduanya. Hasilnya menunjukkan bahwa pemanfaatan aplikasi a’allum mendukung peningkatan nilai santri. Secara khusus disimpulkan bahwa santri lebih nyaman menggunakan aplikasi a’allum sebagai media pembelajaran dan media tes formatif dan sumatif.

Keywords : PPMI Shohwatul Is’ad, aplikasi a’allum.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: “taallum”, Language learning model, Offline, Online, Shohwatul Isád.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Linguistik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Sep 2024 02:37
Last Modified: 18 Sep 2024 02:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37602

Actions (login required)

View Item
View Item