Tinjauan Kriminologis Kejahatan Seksual Yang Dilakukan Oleh Pedofil (Studi Kasus Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan) = Criminological Review of Sexual Crimes Committed by Pedophiles (Case Study of the South Sulawesi Regional Police)


Putri, A. Nurainun (2024) Tinjauan Kriminologis Kejahatan Seksual Yang Dilakukan Oleh Pedofil (Studi Kasus Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan) = Criminological Review of Sexual Crimes Committed by Pedophiles (Case Study of the South Sulawesi Regional Police). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011171573_skripsi_23-07-2024 cover1.png

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B011171573_skripsi_23-07-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011171573_skripsi_23-07-2024 dp.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011171573_skripsi_23-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 September 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

A. NURAINUN PUTRI (B011171573) dengan judul Skripsi “Tinjauan Kriminologis Kejahatan Seksual Yang Dilakukan Oleh Pedofil (Studi Kasus Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan), dibimbing oleh Audyna Mayasari Muin dan Hijrah Adhyanti Mirzana.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan terjadinya kejahatan seksual pedofil di wilayah hukum Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan untuk mengetahui upaya hukum yang dilakukan dalam menanggulangi kejahatan seksual pedofil di Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum empiris yang berorientasi pada bahan hukum primer (hasil dari penelitian lapangan) dan bantuan dari bahan hukum sekunder (Referensi terkait penelitian). Pengumpulan data dan informasi akan dilaksanakan Polda Sulawesi Selatan Kota Makassar. Penelitian ini dilakukan dengan cara menelaah bahan-bahan pustaka yang relevan dengan penelitian berupa literature-literatur, karya ilmiah (hasil penelitian), peraturan perundangundangan, majalah, surat kabar, jurnal ilmiah, dokumentasi dari berbagai instansi yang terkait. Setelah memperoleh data primer dan data sekunder sesuai yang dibutuhkan dalam penelitian ini maka data-data tersebut akan di olah dan di analisis secara kualitatif kemudian disajikan secara deskriptif.
Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) Faktor yang menyebabkan terjadinya kejahatan seksual pedofil di wilayah hukum Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan adalah faktor lemahnya keamanan dan pengawasan keluarga terhadap anak, faktor lingkungan dan masyarakat, factor perkembangan teknologi dan komunikasi, faktor internal pelaku (biologis) dan faktor ekonomi karena tingginya angka kemiskinan, dan (2) Upaya yang dilakukan oleh penegak hukum dalam hal ini Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dalam menanggulangi kejahatan seksual yang dilakukan oleh pedofil adalah upaya Preventif dengan melakukan berbagai macam penyuluhan, pembinaan dan sosialisasi yang dilakukan oleh Kepolisian khususnya Unit PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak dan Subdit 4 RENAKTA (Remaja, Anak dan Wanita) bekerjasama dengan Dinas Sosial, P2TP2A Kota Makassar dan instansi terkait lainnya, upaya Represif dengan melakukan pembentukan tim khusus yang akan menangani kasus tersebut yakni Unit PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak dan Subdit 4 RENAKTA (Remaja, Anak dan Wanita) untuk menangani kejahatan seksual anak oleh pedofil dalam memperoleh dan mengumpulkan bukti-bukti untuk kejahatan dan akan terus di proses melalui tahap pemeriksaan di kantor polisi sesuai dengan aturan dan prosedur yang seharusnya sampai kasus kejahatan tersebut diselesaikan lalu kemudian dilimpahkan ke pengadilan untuk dijatuhi sanksi hukuman sesuai dengan undang-undang terhadap kejahatan seksual oleh pedofil.

Kata Kunci : Kejahatan Seksual, Kriminologi, Pedofilia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Criminology, Pedophilia, Sexual Crime.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:20
Last Modified: 12 Sep 2024 01:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37388

Actions (login required)

View Item
View Item