Pengaruh Resistance Exercise Terhadap Massa Otot dan Kekuatan Otot Ekstremitas Inferior Pada Lansia dengan Sarkopenia di Yayasan Amal Bakti Abdie Huffadz = Effect of Resistance Exercise on Muscle Mass and Muscle Strength of Inferior Extremities in the Elderly with Sarcopenia at Yayasan Amal Bakti Abdie Huffadz


Salsabila, Khalishah (2024) Pengaruh Resistance Exercise Terhadap Massa Otot dan Kekuatan Otot Ekstremitas Inferior Pada Lansia dengan Sarkopenia di Yayasan Amal Bakti Abdie Huffadz = Effect of Resistance Exercise on Muscle Mass and Muscle Strength of Inferior Extremities in the Elderly with Sarcopenia at Yayasan Amal Bakti Abdie Huffadz. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R021201008_skripsi_11-06-2024 cover1.png

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R021201008_skripsi_11-06-2024 1-2.pdf

Download (895kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R021201008_skripsi_11-06-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R021201008_skripsi_11-06-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 September 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang. Pada lansia yang mengalami perubahan fisiologis, dapat menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh dalam menghadapi gangguan dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh. Salah satu perubahan yang bisa terjadi ketika masa penuaan tersebut yaitu penurunan massa, kekuatan, dan fungsi otot yang merujuk pada suatu kondisi yang bernama sarkopenia. Resistance exercise merupakan strategi untuk mengatasi kehilangan massa otot dan meningkatkan kekuatan otot lansia melalui perbaikan metabolisme seluler. Tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh Resistance Exercise terhadap massa otot dan kekuatan otot ekstremitas inferior pada lansia dengan sarkopenia di Yayasan Amal Bakti Abdie Huffadz. Metode. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental design yaitu jenis penelitian yang memiliki kelompok kontrol dengan jenis rancangan pre-test and post-test control group design. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari jumlah populasi menggunakan teknik total sampling dengan total sampel 13 responden kelompok eksperimen dan 15 responden kelompok kontrol. Parameter penelitian ini menggunakan Karada Scan dan The Five Times Sit to Stand Test. Hasil. Dari hasil uji korelasi Paired Sample T Test untuk pengukuran Karada Scan dan pengukuran The Five Times Sit to Stand Test pada kelompok eksperimen didapatkan p-value sebesar 0.000 (p<0.05), yang artinya terdapat perbedaan dari hasil pre-test dan post-test. Kesimpulan. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh Resistance Exercise terhadap massa otot dan kekuatan otot pada lansia dengan sarkopenia di Yayasan Amal Bakti Abdie Huffadz.

Keywords : Lansia; Sarkopenia ; Resistance Exercise ; Massa Otot ; Kekuatan Otot.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Elderly; Sarcopenia ; Resistance Exercise ; Muscle Mass ; Muscle Strength.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Profesi Fisioterapi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Sep 2024 06:07
Last Modified: 10 Sep 2024 06:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37270

Actions (login required)

View Item
View Item