REFORMULASI STRATEGI GUNA MENINGKATKAN TRANSAKSI DOMPET DIGITAL (STUDI KASUS PADA ACTIONPAY) = STRATEGY REFORMULATION TO INCREASE DIGITAL WALLET TRANSACTIONS (CASE STUDY ON ACTIONPAY)


Daryanto, Daryanto (2024) REFORMULASI STRATEGI GUNA MENINGKATKAN TRANSAKSI DOMPET DIGITAL (STUDI KASUS PADA ACTIONPAY) = STRATEGY REFORMULATION TO INCREASE DIGITAL WALLET TRANSACTIONS (CASE STUDY ON ACTIONPAY). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of COVER]
Preview
Image (COVER)
A012222130_tesis_14-08-2024 cover1.jpg

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1-2] Text (BAB 1-2)
A012222130_tesis_14-08-2024 bab I-II.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of DAPUS] Text (DAPUS)
A012222130_tesis_14-08-2024 dp.pdf

Download (845kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
A012222130_tesis_14-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Revolusi digital dalam satu dekade terakhir mengubah secara drastis perilaku transaksi agen ekonom. Pola konsumsi bergeser ke platform digital dalam berbelanja dan menuntut metode pembayaran yang serba mobile, cepat, dan pada saat yang sama tetap aman. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi lingkungan eksternal dan Internal pada dompet digitai Actionpay. Tujuan seianjutnya yakni menganalisis dan merumuskan strategi Actionpay dalam meningkatkan jumlah pengguna dan transaksi dompet digital di tengah persaingan yang ketat dengan competitor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dapat dipahami sebagai metode penelitian yang menggunakan data deskriptif berupa bahasa tertulis atau lisan dari orang dan pelaku yang dapat diamati. Pendekatan kualitatif ini dilakukan untuk menjelaskan dan menganalisis fenomena individu atau kelompok, peristiwa. dinamika sosial, sikap, keyakinan, dan persepsi. Hasii penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran melalui analisis lingkungan internal dan eksternal yang dihasilkan dari analisis SWOT memperlihatkan perlunya pendekatan holistik yang memanfaatkan kekuatan internal perusahaan untuk mengatasi tantangan eksternal dengan memanfaatkan peluang pasar yang ada. Dengan fokus pada inovasi produk berbasis teknologi, peningkatan keamanan data, ekspansi ke daerah terpencii, dan investasi dalam pengembangan infrastruktur IT dan SDM, perusahaan dapat meningkatkan daya saingnya di tengah persaingan yang ketat dalam industri fintech di Indonesia. Strategi yang efektif bagi usaha Actionpay yaitu melakukan penetrasi pasar dalam pengembangan produk yang dijabarkan oleh perusahaan dengan melakukan ekspansi ke wiiayah-wiiayah baru yang belum terjangkau oleh pesaing atau memiliki penetrasi pasar yang rendah. Hai ini dapat dilakukan dengan memperluas jaringan agen atau kemitraan strategis dengan lembaga keuangan lokal untuk memperluas cakupan layanan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: strategi bisnis, SWOT, fintech
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username pkl
Date Deposited: 10 Sep 2024 05:54
Last Modified: 10 Sep 2024 05:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37253

Actions (login required)

View Item
View Item