Penerapan Strategi Pemasaran Digital dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Bisnis Berkelanjutan pada Cafe Goodfiels Makassar = Implementation of Digital Marketing Strategy in Efforts to Improve Sustainable Business Performance at Cafe Goodfiels Makassar


Rubson, Rubson (2024) Penerapan Strategi Pemasaran Digital dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Bisnis Berkelanjutan pada Cafe Goodfiels Makassar = Implementation of Digital Marketing Strategy in Efforts to Improve Sustainable Business Performance at Cafe Goodfiels Makassar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of COVER]
Preview
Image (COVER)
A012222109_tesis_14-08-2024 cover1.jpg

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1-2] Text (BAB 1-2)
A012222109_tesis_14-08-2024 bab I-II.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of DAPUS] Text (DAPUS)
A012222109_tesis_14-08-2024 dp.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
A012222109_tesis_14-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2026.

Download (15MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Rubson. Penerapan Strategi Pemasaran Digital dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Bisnis Berkelanjutan pada Cafe Goodfiels Makassar. Dibimbing oleh Hj. Nuraeni Kadir dan H. Muhammad Toaha.
Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana strategi pemasaran digital dengan menggunakan analisis SWOT dan BMC yang menerapkan 9 elemen pada Café Goodfields Makassar serta penerapan strategi pemasaran digital dalam upaya meningkatkan kinerja bisnis berkelanjutan pada Café Goodfields Makassar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran digital dengan menggunakan analisis SWOT dan BMC yang menerapkan 9 elemen dapat meningkatkan kinerja bisnis berkelanjutan pada Café Goodfields Makassar.
Penelitian ini bersifat survey dengan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah pelanggan kafe yang diambil dalam waktu dua bulan dan sampel penelitian ditetapkan dengan teknik purposive sampling yaitu menetapkan 100 orang pelanggan setiap bulan, jadi total sampel sebanyak 200 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT dan BMC.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital dalam upaya meningkatkan kinerja bisnis berkelanjutan pada Cafe Goodfields Makassar dari hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi diagram strategi peningkatan kinerja bisnis berkelanjutan Cafe Goodfields Makassar berada pada kuadran I yaitu strategi agresif (aggressive strategy). Sementara berdasarkan kanvas model bisnis atau yang lazim disebut dengan Business Model Canvas atau BMC menunjukkan hasil analisis pada sembilan elemen yang menunjukkan usaha bisnis kafe dalam menjalankan usaha bisnisnya berfokus pada semen pelanggan.

ABSTRACT

Rubson. Implementation of Digital Marketing Strategy in Efforts to Improve Sustainable Business Performance at Cafe Goodfiels Makassar. Supervised by Hj. Nuraeni Kadir and H. Muhammad Toaha.
The problem raised is how to strategy digital marketing using SWOT and BMC analysis which applies 9 elements to Café Goodfields Makassar as well as implementing digital marketing strategies in an effort to improve sustainable business performance at Café Goodfields Makassar.
This research aims to determine and analyze digital marketing strategies using SWOT and BMC analysis which applies 9 elements to improve sustainable business performance at Café Goodfields Makassar.
This research is a survey with quantitative descriptive research. The research population was cafe customers taken within two months and the research sample was determined using a purposive sampling technique, namely determining 100 customers every month, so the total sample was 200 respondents. Data collection techniques use observation, interviews, questionnaires and documentation techniques. The data analysis used is SWOT and BMC analysis.
The research results show that the digital marketing strategy in an effort to improve sustainable business performance at Cafe Goodfields Makassar from the results of the SWOT analysis shows that the position of the strategy diagram for improving sustainable business performance at Cafe Goodfields Makassar is in quadrant I, namely aggressive strategy. Meanwhile, based on the business model canvas or what is commonly called the Business Model Canvas or BMC, it shows the results of analysis on nine elements which show that the cafe business in running its business focuses on customer service.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Digital, Lingkungan Internal, Lingkungan Eksternal, SWOT dan BMC. Digital Marketing Strategy, Internal Environment, External Environment, SWOT and BMC
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username pkl
Date Deposited: 10 Sep 2024 05:33
Last Modified: 10 Sep 2024 05:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37227

Actions (login required)

View Item
View Item