EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA SISWA DI SD NEGERI 1 SRIBATARA KABUPATEN BUTON


Sanufi, Sanufi (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA SISWA DI SD NEGERI 1 SRIBATARA KABUPATEN BUTON. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F032191003_tesis Cover1.png

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of BAB I & II] Text (BAB I & II)
F032191003_tesis I & II.pdf

Download (900kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
F032191003_tesis DP.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F032191003_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

SANUFI. Efektivitas Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kurikulum
2013 dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Membaca Siswa di SD Negeri I Sribatara Kabupaten Buton.(dibimbing oleh Tadjuddin Maknun dan Asriani Abbas).

Penelitian ini bertujuan menjelaskan (1) penerapan model pembelajaran tematik dalam meningkatkan prestasi belajar membaca siswa SD Negeri I Sribatara Kabupaten Buton dan (2) efektifitas model pembelajaran tematik dalam meningkatkan kemampuan prestasi belajar membaca siswa SD Negeri I Sribatara Kabupaten Buton.

Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas yang dalam pelaksanaanya biasa dikenal dengan istilah PTK (classroom action research). Penelitian kelas diterapkan dua siklus. Pada kelas ekperimen dan kelas kontrol. Dalam observasi digunakan cara mengamati aktivitas belajar siswa baik pada pretes, postes maupun latihan. Data analisis secara kulitatif kuantitatif dan deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai pada kelas kontrol, pretes mencapi nilai 71,00 dan postes mencapai 72,50 (kategori sedang) sedangkan pada kelas ekperimen siklus I mencapai nilai 82,00 dan siklus II mencapai nilai 88,00 (kategori baik). Hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen memperlihatkan perbedaan cukup signifikan. Model pembelajaran tematik berbasis kurikulum 2013 cukup efektif dalam meningkatkan prestasi belajar membaca siswa di SD Negeri I Sribatara.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: wahyuni aras
Date Deposited: 18 Mar 2021 03:12
Last Modified: 18 Mar 2021 03:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3720

Actions (login required)

View Item
View Item