Interferensi Morfologis Bahasa Bugis Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Lisan Da/am Transaksi Juol-Beli di Makassar- Mall, Suatu Tinjuitan Sosiolinguistik


Husrawati, Husrawati (2004) Interferensi Morfologis Bahasa Bugis Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Lisan Da/am Transaksi Juol-Beli di Makassar- Mall, Suatu Tinjuitan Sosiolinguistik. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
HUSRAWATI.pdf

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Masalah pokok yang dileliti ialah interferensi morfologis Bahasa Bugis terhadap penggunaan bahasa Indonesia lisan da lain transaksi jual-beli di Makassar Mall sebagai akibat kontak antara kedua bahasa tersebut. Penelilian ini dilakukan dal am bidang morfologi.
Dalam penyelenggaraan penelitian ini, penulis menggunakan atau melakukan penelitian pustaka dan penelitian lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian lapangan adalah metode simak dengan teknik pengamalan (observasi) dan teknik rekam.
Da la yang diperoleh bers umber dari penggunaan bahasa Indonesia dalam transaksi jual-beli di Makassar Mall yang berbahasa pertama berdialek Bugis berupa percakapan. Mengingal luasnya wilayah penggunaan bahasa Bugis, maka diambil sampel meliputi penggunaan bahasa Indonesia penjuni dnn pembcli di Makassar Mall, yang dipilih secara sampel dengan memperhatikan letak (tempat) yang bersangkutan.
Dengan menggunakan analisis data secara komparatif, yaitu membandingkan antara kedua bahasa Indonesia dan bahasa Bugis dalam struktur morfologi. Adanya perbandingan kedua bahasa tersebut sehingga dapat menimbulkan interferensi dari kaidah lata bahasa yang umum bagi bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with username pkl
Date Deposited: 09 Sep 2024 01:32
Last Modified: 09 Sep 2024 01:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37158

Actions (login required)

View Item
View Item