Alim, Andi Fauzan (2020) SISTEM KENDALI KECEPATAN MOTOR BRUSHLESS DC (BLDC) DENGAN PENGENDALI PI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.
D41116315_skripsi cover1.png
Download (78kB) | Preview
D41116315_skripsi(1)-1-2.pdf
Download (639kB)
D41116315_skripsi(1) dp.pdf
Download (2MB)
D41116315_skripsi(1).pdf
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Motor BLDC banyak digunakan di berbagai bidang seperti bidang otomasi industri, otomotif, komputer, penerbangan, dan peralatan rumah tangga karena memiliki efisiensi yang tinggi, kepadatan daya yang tinggi, umur operasi yang panjang, dan biaya perawatan yang rendah. Motor BLDC bekerja tanpa menggunakan sikat sebagai alat komutasinya, tetapi menggunakan komutasi elektronik. Hal ini mengakibatkan motor BLDC membutuhkan sistem pengendalian yang lebih kompleks. Pada penelitian ini dilakukan pemodelan sistem kendali motor BLDC dengan pengendali PI pada Simulink/MATLAB. Struktur pengendali PI yang digunakan mengadopsi struktur sistem PLL, dimana sinyal feedback dan sinyal referensi yang digunakan berupa sinyal pulsa. Metode komutasi yang digunakan yaitu metode six step commutation. Pencarian nilai Kp dan Ki terbaik dilakukan dengan menggunakan metode nilai optimal fungsi tujuan dimana nilai Kp dan Ki terbaik adalah nilai Kp dan Ki yang menghasilkan nilai optimal fungsi tujuan J. Dari hasil simulasi pengujian yang telah dilakukan, didapatkan nilai Kp dan Ki terbaik yaitu Kp = 1,1 dan Ki = 0,2 dengan nilai J = 0,412679. Berdasarkan hasil simulasi, dengan nilai Ki dan Kp tersebut performa sistem dengan pengendali PI lebih baik dibandingkan dengan sistem tanpa pengendali PI.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 18 Mar 2021 03:13 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 07:06 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3699 |