simbol simbol budaya makassar dalam puisi pakkioq bunting


HASYIM, HARTATI R. (1992) simbol simbol budaya makassar dalam puisi pakkioq bunting. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of full text] Text (full text)
HARTATI R HASYIM.pdf

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

nP akkioq bunting*1 adalah sal ah satu genre, ,!pak- kioq bunting11 artinya sesuatu alat untukr memanggil - pengantin. Puisi Makassar yang menyiratkan simbol-simboL khususnya perkawinan dal am suku Makassar. Untuk〔'me 乒 g8f t ahui dan mem ah.ami mskna dibalik simbol-simbol yang ter- dapat dalam Mpakkioq huntingn digunakan pendekatan semi- Otik. Teori semiotik yaitu dengan raenggabungkan antara unsur-unsur yang tergolong sebagai kesatuan semiotik se~ perti, gabungan antara tanda dengan acuannya dap at t)eru- pa hubungan kemiripan, kedekatan eksistensi yang di se- but indeks dan hubungan yang sudah terbentuk secara kon- vensional yang disebut simbql.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara pustaka dan metode lapang, di samping dilakukan dengan teknik cat at dan teknik wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa puisi ,fpakkioq buntingtf memiliki keistimewaan tersendiri, antara lain menyiratkan harapan-harapan yang ingin diraih dalam mem- bina sebuah. keluarga yang sel^lu rukun dan damai..
Puisi npakkioq bunting,f dalam konteks budaya Ma—-• Kassar dipergunakan pada masyarakat tertentu pada zaman dulu, npakkioq bunting11 dilakukan oleh keluarga bangsa wan dan hal tersebut berhenti dengan pemilihan jodoh. antara keluarga yang lain dengan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Bugis-Makassar
Depositing User: Unnamed user with username pkl
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:24
Last Modified: 03 Sep 2024 06:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36932

Actions (login required)

View Item
View Item