PENGARUH KECERDASAN, LOCUS OF CONTROL, DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KOMPETENSI DAN KINERJA KARYAWAN PERUSAHAAN SEMEN BUMN Dl INDONESIA


OKTAVIANI, ANDI RIRIN (2019) PENGARUH KECERDASAN, LOCUS OF CONTROL, DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KOMPETENSI DAN KINERJA KARYAWAN PERUSAHAAN SEMEN BUMN Dl INDONESIA. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of full text] Text (full text)
Andi Ririn Oktaviani.pdf

Download (16MB)

Abstract (Abstrak)

Pengaruh Kecerdasan, Locus of Control, dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kompete门si dan Kinerja Karyawan Perusahaan Semen BUMN di Indonesia (dibimbing oleh Siti Haerani, Muhammad Asdar, dan Muhammad Ismail).
Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh langsung dan tidak langsung kecerdasan, locus of control,dan gaya kepemimpinan terhadap kompetensi dan kinerja karyawan.
Penelitian ini merupakan explanatory research yang dilaksanakan pada empat perusahaan semen BUMN di Indonesia dengan jumlah popuiasi sebanyak 5.122 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan pendekatan nonprobability sampling, kemudian jenis sampling purposive menggunakan quota sampling, dan selanjutnya sampel penelitian dipilih secara acak insidental sejumlah 339 orang.
Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasii penelitian menunjukkan kecerdasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi dan kinerja karyawan baik secara langsung maupun tidak langsung. Locus of control secara langsung berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kompetensi. Locus of control secara langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan. Locus of control berpengaruh negatif terhadap kinerja meialui kompetensi. Gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi dan kinerja karyawan baik secara langsung maupun tidak langsung. Kompetensi berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username pkl
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:34
Last Modified: 03 Sep 2024 03:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36912

Actions (login required)

View Item
View Item