Pengaruh Pemberian Pakan Sinbiotik Terhadap Gambaran Histopatolgi Ginjal dan Hati Ikan lele (Clarias gariepinus) yang Dipapar Bakteri Aeromonas sp.=Effect of Synbiotic Feed on Kidney and Liver Histopathology of Catfish (Clarias garienpinus) Exposed to Aeromonas sp.


Ramadhani, Nur Awalia (2024) Pengaruh Pemberian Pakan Sinbiotik Terhadap Gambaran Histopatolgi Ginjal dan Hati Ikan lele (Clarias gariepinus) yang Dipapar Bakteri Aeromonas sp.=Effect of Synbiotic Feed on Kidney and Liver Histopathology of Catfish (Clarias garienpinus) Exposed to Aeromonas sp. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
C031201072_skripsi_27-08-2024 cover1.jpg

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
C031201072_skripsi_27-08-2024 bab 1-2.pdf

Download (524kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
C031201072_skripsi_27-08-2024 dp.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
C031201072_skripsi_27-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
NUR AWALIA RAMADHANI. Pengaruh Pakan Sinbiotik Terhadap Histopatologi Ginjal dan Hati Ikan Lele (Clarias garienpinus) yang Dipapar Bakteri Aeromonas sp. (dibimbing oleh Dwi Kesuma Sari dan Andi Ninnong Renita Relatami).
Latar Belakang. Patogen pada hewan air seperti ikan lele dapat mengganggu kelangsungan hidup ikan. Salah satu bakteri patogen yang banyak dijumpai pada budidaya ikan yaitu Aeromonas sp. adalah bakteri gram negatif yang mudah menyerang pada kondisi lingkungan (media) pemeliharaan yang tidak layak. Maka dari itu, pemberian pakan haruslah terdapat kebutuhan nutrisi di dalamnya agar dapat mendorong masa pertumbuhan dan peningkatan respon imun dari ikan. Pakan merupakan salah satu penunjang dalam keberhasilan budidaya ternak air tawar seperti ikan lele. Sinbiotik merupakan pakan gabungan antara prebiotik dan probiotik yang dapat memberikan keuntungan dan manfaat bagi budidaya ternak ikan lele. Manfaat yang dapat diperolah yaitu peningkatan kesehatan ikan, perbaikan nutrisi, ketahanan hidup dan pengoptimalan keseimbangan mikroba pada lingkungan budidaya ikan. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian biosurfaktan terhadap gambaran histopatologi hati ikan lele sangkuriang yang terpapar limbah solar, serta mengidentifikasi perubahan gambaran histopatologi hati ikan lele sangkuriang yang terpapar limbah solar setelah pemberian biosurfaktan. Metode. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental laboratorium dengan total sampel 24 ekor ikan lele yang dikelompokkan menjadi 4, diantaranya A sebagai kelompok kontrol negatif; B sebagai kelompok kontrol positif dengan penambahan sinbiotik; C sebagai kelompok perlakuan uji tantang bakteri Aeromonas sp.; D sebagai kelompok uji tantang bakteri Aeromonas sp. ditambah dengan sinbiotik pada pakan. Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian sinbiotik memberikan perubahan pada pengamatan histopatologi ginjal dan hati ikan. Ginjal kan lele yang terpapar Aeromonas sp. mengalami atrofi, hemoragi dan kongesti. Serta pada hati ikan lele mengalami degenerasi lemak, hemoragi, hipertrofi dan nekrosis. Sehingga, pakan sinbiotik mampu menghambat kerusakan yang terjadi pada ginjal dan hati ikan lele yang terpapar bakteri Aeromonas sp. Kesimpulan. Pemberian sinbiotik berpengaruh terhadap gambaran histopatologi ginjal dan hati ikan lele yang dipapar bakteri Aeromonas sp. dengan menurunkan kerusakan yang terjadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keywords=KODEPRODI54261#PENDIDIKAN DOKTER HEWAN
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter Hewan
Depositing User: Unnamed user with username pkl
Date Deposited: 05 Sep 2024 00:40
Last Modified: 05 Sep 2024 00:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36774

Actions (login required)

View Item
View Item