Gagasan Perempuan Masyarakat Frontier Amerika Pada Sejumlah Novel Pilihan Willa Cather dan Direfleksikan Pada Perempuan Indonesia: Pendekatan Strukturalisme Genetik dan Kritik Sastra Feminis = THE NOTION OF AMERICAN FRONTIER WOMEN IN CATHER'S SELECTED NOVELS AND REFLECTED IN INDONESIAN WOMEN: Genetic Structuralism Approach and Feminist Literary Criticism


Abbas, Abbas (2024) Gagasan Perempuan Masyarakat Frontier Amerika Pada Sejumlah Novel Pilihan Willa Cather dan Direfleksikan Pada Perempuan Indonesia: Pendekatan Strukturalisme Genetik dan Kritik Sastra Feminis = THE NOTION OF AMERICAN FRONTIER WOMEN IN CATHER'S SELECTED NOVELS AND REFLECTED IN INDONESIAN WOMEN: Genetic Structuralism Approach and Feminist Literary Criticism. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F023212006_disertasi_10-07-2024 cover1.png

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F023212006_disertasi_10-07-2024 1-2.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F023212006_disertasi_10-07-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F023212006_disertasi_10-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 August 2026.

Download (13MB)

Abstract (Abstrak)

ABBAS. Gagasan Perempuan Masyarakat Frontier Amerika Pada Sejumlah Novel Pilihan Willa Cather dan Direfleksikan Pada Perempuan Indonesia: Pendekatan Strukturalisme Genetik dan Kritik Sastra Feminis (dibimbing oleh M. Amir P, Fathu Rahman, dan Abidin Pammu).
Penelitian disertasi ini merupakan kajian sosiologis perempuan frontier Amerika akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20 yang terdokumentasi pada sejumlah narasi sastra karya Willa Cather seperti novel My Antonia, My Mortal Enemy, O’Pioneers!, and A Lost Lady. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan gagasan perempuan tradisional terkait masyarakat frontier Amerika dalam novel My Antonia dan My Mortal Enemy; mengonseptualisasikan gagasan new American women di komunitas frontier dalam novel O'Pioneers! dan A Lost Lady; dan menjawab gagasan perempuan tentang masyarakat frontier Amerika dalam novel-novel pilihan Cather. Tujuan lain penelitian disertasi ini adalah menunjukkan refleksi nilai-nilai moralitas komunitas frontier Amerika terhadap perempuan Indonesia. Peneliti menerapkan pengembangan konsep metodologis penelitian sastra yang dinamakan Pendekatan Sosiologi Sastra Feminis. Pendekatan tersebut merupakan hasil pengintegrasian dari Pendekatan Strukturalisme Genetik dengan Kritik Sastra Feminis yang memandang narasi fiksi perempuan dalam sastra sebagai dokumentasi dari realita kehidupan masyarakat tertentu pada kurun waktu tertentu yang memunculkan nilai-nilai universal sebagai pandangan dunia. Peneliti menemukan sejumlah fakta sosial dalam narasi sastra bahwa gagasan perempuan tradisional frontier Amerika berbasis pada nilai-nilai Victorian women yang kemudian direkonstruksi dari tatanan full domestication sebagai tipikal old Victorian women menjadi partial domestication sebagai tipikal new Victorian women. Rekonstruksi tersebut dibangun dari gagasan new American women pada akhir abad ke-19 yang mengonsepsi gagasan pembaharuan inovatif melalui pengakselerasian peran perempuan pada kehidupan domestik dan lingkungan publik yang dikenal sebagai new Victorian women sebagai respon atas kemajuan zaman dan perubahan sosial di kawasan frontier Amerika. Kemudian universalitas gagasan perempuan frontier Amerika dan pengalaman hidup Willa Cather pada refleksi narasi sastra melalui tokoh-tokoh perempuan diantaranya adalah kebertahanan perempuan pada tatanan keluarga tradisional dan kepatuhan pada nilai-nilai moralitas di tengah perubahan sosial dan kemajuan zaman di akhir abad ke-19 dan di awal abad ke-20 yang diistilahkan sebagai true women. Nilai-nilai moralitas Victoria pada komunitas frontier Amerika juga terefleksi pada kehidupan perempuan Indonesia dalam bentuk tatanan old Victorian women dan new Victorian women. Salah satu aspek yang melatari kesamaan notion perempuan komunitas frontier Amerika dan perempuan Indonesia adalah alur kesadaran perempuan kedua bangsa tersebut sama-sama berasal dari Eropah.

Kata kunci: gagasan perempuan, masyarakat frontier Amerika, Willa Cather, novel pilihan, perempuan Indonesia

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: women notion, American frontier community, Willa Cather, selected novels, Indonesia women.
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:08
Last Modified: 02 Sep 2024 06:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36650

Actions (login required)

View Item
View Item