PENGARUH VIDEO EDUKASI ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN KEPATUHAN KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH PADA IBU HAMIL = THE EFFECT OF ANIMATED EDUCATIONAL VIDEOS ON KNOWLEDGE AND COMPLIANCE OF BLOOD SUPLEMENTATION TABLET COMSUMPTION IN PREGNANT WOMEN


Zadir, Ulfa Anggraeni (2024) PENGARUH VIDEO EDUKASI ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN KEPATUHAN KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH PADA IBU HAMIL = THE EFFECT OF ANIMATED EDUCATIONAL VIDEOS ON KNOWLEDGE AND COMPLIANCE OF BLOOD SUPLEMENTATION TABLET COMSUMPTION IN PREGNANT WOMEN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
P102221029_tesis_23-08-2024 cover1.jpg

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
P102221029_tesis_23-08-2024 Bab 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
P102221029_tesis_23-08-2024 dp.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
P102221029_tesis_23-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 August 2026.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Kehamilan adalah periode penting yang membutuhkan nutrisi seimbang untuk perkembangan janin. Ibu hamil rentan terhadap defisiensi zat besi dan asam folat yang menyebabkan anemia, ditandai dengan kadar hemoglobin rendah yang memengaruhi transportasi oksigen. Di Indonesia, prevalensi anemia pada ibu hamil meningkat menjadi 48,9% pada tahun 2018. Edukasi efektif tentang suplementasi zat besi sangat penting untuk mengatasi masalah ini. Tujuan: Untuk mengembangkan dan menguji efektivitas video edukasi dalam meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah pada ibu hamil di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Metode: Desain penelitian quasi-eksperimental dengan kelompok kontrol nonequivalent digunakan. Penelitian melibatkan ibu hamil anak pertama yang mengunjungi dua puskesmas dari Januari hingga Maret 2024. Kelompok intervensi menerima video edukasi, sementara kelompok kontrol menerima edukasi standar dari bidan. Pretest dan posttest dilakukan untuk mengukur pengetahuan dan kepatuhan. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 24 dengan uji Chi-Square, Wilcoxon, dan Mann-Whitney. Hasil: Kelompok intervensi menunjukkan peningkatan pengetahuan yang signifikan setelah menerima video edukasi (p < 0,05), sedangkan kelompok kontrol tidak menunjukkan perubahan signifikan (p > 0,05). Terdapat perbedaan signifikan dalam pengetahuan antara kelompok intervensi dan kontrol setelah intervensi (p < 0,05). Kepatuhan konsumsi tablet tambah darah juga meningkat signifikan pada kelompok intervensi (p < 0,05). Kesimpulan: Penggunaan video edukasi efektif meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah pada ibu hamil. Pendekatan ini dapat diintegrasikan ke dalam program perawatan prenatal untuk mengurangi prevalensi anemia dan meningkatkan hasil kesehatan ibu.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Keywords : Kehamilan, Anemia, Suplementasi Zat Besi, Video edukasi, Kesehatan ibu
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan
Depositing User: Unnamed user with username pkl
Date Deposited: 04 Sep 2024 00:22
Last Modified: 04 Sep 2024 00:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36473

Actions (login required)

View Item
View Item