PENGARUH ADJUVANT OMEGA-3 TERHADAP PERBAIKAN KOGNITIF DAN KADAR GLIAL CELL LINE DERIVED NEUROTROPHIC FACTOR (GDNF) PADA PASIEN SKIZOFRENIA YANG MENDAPAT TERAPI RISPERIDON = Effect Of Omega-3 Adjuvant Therapy On Cognitive Improvement And Glial Cell Line Derived Neurotrophic Factor (Gdnf) Levels In Schizophrenia Patients Receiving Risperidone Therapy


Nadya, Andi Nurul (2024) PENGARUH ADJUVANT OMEGA-3 TERHADAP PERBAIKAN KOGNITIF DAN KADAR GLIAL CELL LINE DERIVED NEUROTROPHIC FACTOR (GDNF) PADA PASIEN SKIZOFRENIA YANG MENDAPAT TERAPI RISPERIDON = Effect Of Omega-3 Adjuvant Therapy On Cognitive Improvement And Glial Cell Line Derived Neurotrophic Factor (Gdnf) Levels In Schizophrenia Patients Receiving Risperidone Therapy. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C065201005_tesis_14-05-2024 cover1.png

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C065201005_tesis_14-05-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C065201005_tesis_14-05-2024 dp.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C065201005_tesis_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 August 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Andi Nurul Nadya Pengaruh Adjuvant Omega-3 Terhadap Perbaikan Kognitif dan Kadar Glial Cell Line Derived Neurotrophic Factor (GDNF) Pada Pasien Skizofrenia yang Mendapat Terapi Risperidon. (dibimbing oleh Saidah Syamsuddin, Kristian Liaury, Burhanuddin Bahar).
Latar Belakang Skizofrenia adalah gangguan dengan manifestasi psikotik yang parah dan persisten disertai dengan disfungsi kognitif. Pengobatan dengan APG-2 hanya memberikan manfaat minimal untuk gangguan kognitif pasien skizofrenia. Upaya saat ini sedang diperluas untuk menemukan penanganan baru yang dapat berfungsi sebagai "pengobatan bersama" untuk memperbaiki neurokognisi dari aspek neurobiologi dan neuroplastisitas. Pada beberapa penelitian didapatkan pemberian asam lemak omega 3 dapat memperbaiki gejala fungsi kognitif pada pasien skizofrenia.
Tujuan: Mengetahui pengaruh pemberian terapi adjuvan omega-3 terhadap perbaikan fungsi kognitif dan kadar GDNF pasien skizofrenia yang mendapatkan terapi risperidone.

Metode : Penelitian analisis eksperimental dengan mengukur pra dan pasca tes dengan pemilihan kelompok tidak acak dilakukan di Rumah Sakit Khusus Daerah Dadi Provinsi Sulawesi Selatan Indonesia pada bulan Mei-Juli 2023 dan pengujian sampel dilakukan di Laboratorium Penelitian HUMRC. Jumlah subjek 44 yang dibagi kedalam kelompok perlakuan 22 subjek yang mendapatkan terapi Risperidon 4 mg/hari ditambah adjuvant Omega-3 selama 8 minggu dan kelompok kontrol 22 subjek yang hanya mendapat terapi Risperidone 4 mg/hari. Untuk menilai fungsi kognitif digunakan instrumen Moca-Ina dan dilakukan pengukuran kadar GDNF serum dengan Enzyme-Linked Immunosorbent Assays (ELISA). Dilakukan uji chi squere, uji wilcoxon, mann-withney dan uji korelasi pearson dan spearman untuk melihat kebermaknaan.
Hasil: Terdapat perbaikan fungsi kognitif pada pasien skizofrenia yang mendapat adjuvant therapy Omega-3 selama 8 minggu menunjukkan lebih banyak perbaikan (p<0,001) dibandingkan dengan pasien skizofrenia yang hanya mendapat antipsikotik risperidone serta terdapat peningkatan bermakna pada nilai kadar GDNF serum pada kelompok perlakuan pada akhir minggu ke-8.
Kesimpulan: Penambahan adjuvant Omega-3 pada terapi standar risperidon dapat memperbaiki fungsi kognitif serta meningkatkan kadar GDNF.

Kata Kunci Skizofrenia, Omega-3, Risperidon,Fungsi Kognitif, GDNF Serum

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Schizophrenia, Omega-3, Risperidone, Cognitive Function, GDNF serum.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > PPDS Ilmu Kedokteran Jiwa - Psikiatri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:55
Last Modified: 03 Sep 2024 02:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36431

Actions (login required)

View Item
View Item