Tinjauan Yuridis Terhadap Tindak Pidana Penculikan dan Pembunuhan Yang Dilakukan Oleh Anak dengan Motif Penjualan Organ Tubuh Di Situs Yandex (Studi Kasus Putusan No 5/Pid. Sus-Anak/2023/PN.Mks) = Juridical Review of the Crime of Kidnapping and Murder Committed by Children with the Motive of Selling Body Organs on the Yandex Site (Case Study Decision No. 5/Pid. Sus-Anak/2023/PN.Mks)


Khairani, Ummu (2024) Tinjauan Yuridis Terhadap Tindak Pidana Penculikan dan Pembunuhan Yang Dilakukan Oleh Anak dengan Motif Penjualan Organ Tubuh Di Situs Yandex (Studi Kasus Putusan No 5/Pid. Sus-Anak/2023/PN.Mks) = Juridical Review of the Crime of Kidnapping and Murder Committed by Children with the Motive of Selling Body Organs on the Yandex Site (Case Study Decision No. 5/Pid. Sus-Anak/2023/PN.Mks). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011191376_skripsi_14-05-2024 cover1.png

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B011191376_skripsi_14-05-2024 1-2.pdf

Download (907kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011191376_skripsi_14-05-2024 dp.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011191376_skripsi_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Ummu Khairani (B011191376) dengan Judul Tinjauan Yuridis Tindak Pidana Penculikan dan Tindak Pidana Pembunuhan yang Dilakukan oleh Anak dengan Motif Penjualan Organ Tubuh di Situs Yandex (Studi Putusan No 5/Pid.Sus-Anak/2023/PN.Mks). Di Bawah Bimbingan Nur Azisa Selaku Pembimbing Utama dan Syarif Saddam Rivanie Sebagai Pembimbing Pendamping.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualifikasi terhadap tindak pidana penculikan dan tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh anak dengan motif penjualan organ tubuh di situs Yandex dan penerapan hukum pidana terhadap tindak pidana penculikan dan tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh anak dengan motif penjualan organ tubuh di situs Yandex (Studi Putusan Nomor 5/Pid.Sus-Anak/2023/PN Mks.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan cara menggunakan pendekatan Undang-Undang dan pendekatan kasus. Jenis dan sumber bahan hukum yang digunakan pada penelitian ini adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder, dengan menggunakan teknik pengumpulan studi kepustakaan dan studi dokumen. Analisis bahan hukum yaitu Berdasarkan bahan hukum dan teknik pengumpulan bahan hukum yang penulis gunakan akan dianalisis berdasarkan pendekatan kasus dan pendekatan Undang-Undang untuk mendapatkan kesimpulan yang nantinya mampu menjawab rumusan masalah yang ada pada penelitian ini.

Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa (1) kualifikasi terhadap tindak pidana penculikan dan pembunuhan yang dilakukan oleh anak dengan motif penjualan organ tubuh di situs Yandex tergolong ke dalam delik materiil (Substantif) (2) Penerapan hukum telah sesuai dengan ketentuan. Unsur-unsur tindak pidana pada dakwaan pertama, yaitu tindak pidana pembunuhan telah terbukti. Pengambilan keputusan yang diambil oleh Majelis Hakim menurut Penulis sudah sesuai dengan aturan hukum yang berlaku seperti yang diharapkan oleh Penulis, Karena berdasarkan alat bukti yang sah, dalam kasus yang diteliti, alat bukti yang digunakan Hakim adalah keterangan saksi dan keterangan terdakwa. Majelis Hakim berdasarkan fakta-fakta di persidangan menilai bahwa terdakwa dapat dipertanggungjawabkan perbuatannya dengan pertimbangan bahwa pada saat melakukan perbuatannya terdakwa sadar akan akibat yang ditimbulkannya dan tidak mengurungkan niatnya, pelaku dalam melakukan perbuatannya dalam keadaan sehat dan cakap untuk mempertimbangkan unsur melawan hukum, serta tidak adanya alasan penghapusan pidana.

Kata Kunci: Tindak Pidana, Penculikan, Pembunuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Criminal Acts, Kidnapping, Child, Murder.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Sep 2024 01:12
Last Modified: 03 Sep 2024 01:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36360

Actions (login required)

View Item
View Item