Kajian tingkat pemanfaatan fasilitas pada pangkalan pendaratan ikan (PPI) Ujung Lero Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan = Study of the level of utilization of fish landing base fascilities (FLB) in Ujung Lero, Suppa district, Pinrang regency, south Sulawesi


Hasan, Ali Fathir (2024) Kajian tingkat pemanfaatan fasilitas pada pangkalan pendaratan ikan (PPI) Ujung Lero Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan = Study of the level of utilization of fish landing base fascilities (FLB) in Ujung Lero, Suppa district, Pinrang regency, south Sulawesi. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L051171511_skripsi_05-08-2024 cover1.jpg

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L051171511_skripsi_05-08-2024 bab 1-2.pdf

Download (560kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L051171511_skripsi_05-08-2024 dapus.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L051171511_skripsi_05-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Ali Fathir Hasan L01171511. “Kajian Tingkat Pemanfaatan Fasilitas Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Ujung Lero Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan”. Dibimbing oleh Muhammad Kurnia sebagai pembimbing utama dan Ilham Jaya sebagai pembimbing anggota.Sebagai salah satu pelabuhan perikanan di Kabupaten Pinrang, PPI Ujung Lero diharapkan dapat berperan penting sebagai pusat pengembangan perikanan tangkap di Kabupaten Pinrang, termasuk dalam penyediaan produk perikanan yang berkualitas, secara khusus dalam peningkatan taraf hidup masyarakat nelayan yang ada di sekitarnya, serta peningkatan pendapatan daerah, maka diperlukan suatu strategi tingkat pemanfaatan pelabuhan berdasarkan kondisi serta kebutuhan pengguna saat ini. Secara umum, kondisi sarana dan prasarana PPI Ujung Lero memiliki fasilitas pokok, fasilitas fungsional, dan fasilitas penunjang yang memerlukan evaluasi dalam pengelolaan dan pemanfaatan yang lebih baik dan maksimal, hal itu dimaksudkan agar pemanfaataan fasilitas dapat diketahui untuk pemanfaatan fungsi-fungsi PPI secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui kondisi fasilitas pokok, fungsional dan penunjang yang ada di PPI Ujung Lero. Menganalisis pemanfaatan fasilitas pokok, fungsional dan penunjang yang ada di PPI Ujung Lero.. Metode Penelitian ini adalah metode studi kasus dengan data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Analisa data yang di gunakan menggunakan analisis numeric.Hasil penelitian menunjukaan fasilitas pokok yang ada di Pangkalan Pendaratan Ikan Ujung Lero yaitu dermaga, kolam pelabuhan, daratan pelabuhan, sedangkan untuk fasilitas fungsional yaitu tempat pelelangan ikan, pabrik es, coolstorage, tangki air bersih, kantor pengelolah pangkalan pendaratan ikan.Tingkata pemanfatan Pangkalan Pendaratan Ikan lantora seperti dermaga 53,36 %, kolam pelabuhan 49,77 %, kedalam perairan 77 %, daratan pelabuhan 7,3 %, dan pabrik es 0,06 %. Pada tingkat pemanfaatan fasilitas Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Ujung Lero masih tergolong sangat rendah seperti dermaga, gedung pelelangan, dan pabrik es, karena kurangnya neleyan yang membongkar hasil tangkapannya serta kurangnya kapal yang bersandar di dermaga PPI Ujung Lero.

Kata Kunci: PPI Ujung Lero, Fasilitas PPI Ujung Lero, Tingkat Pemanfaatan Fasilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ujung Lero FLB, Ujung Lero FLB Facilities, Facility Utilization Rate
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Depositing User: Unnamed user with username stfathirahs
Date Deposited: 23 Aug 2024 02:17
Last Modified: 23 Aug 2024 02:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36335

Actions (login required)

View Item
View Item