Tingkat Pertumbuhan dan Kontaminasi Planlet Pisang Barangan (Musa Acuminata Colla) pada Temporary Immersion Bioreactor System (TIBS) dan Media Padat = Growth and Contamination Levels of Barangan (Musa acuminata Colla Plantlets in the Temporary Immersion Bioreactor System (TIBS) and Solid Media


Yuliyanti, Yuliyanti (2024) Tingkat Pertumbuhan dan Kontaminasi Planlet Pisang Barangan (Musa Acuminata Colla) pada Temporary Immersion Bioreactor System (TIBS) dan Media Padat = Growth and Contamination Levels of Barangan (Musa acuminata Colla Plantlets in the Temporary Immersion Bioreactor System (TIBS) and Solid Media. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G011201227_skripsi_05-08-2024 cover1.jpg

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G011201227_skripsi_05-08-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G011201227_skripsi_05-08-2024 dapus.pdf

Download (837kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G011201227_skripsi_05-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Temporary Immersion Bioreactor System (TIBS) merupakan salah satu metode perbanyakan propagul berbasis bioreactor menggunakan sistem perendaman sesaat dan secara berkala sehingga sel tanaman mendapatkan cukup oksigen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecepatan pertumbuhan eksplan, tingkat persentase eksplan hidup, peluang kontaminan serta identifikasi kontaminasi pada kultur jaringan pisang barangan (Musa acuminata Colla) pada TIBS. Penelitian ini dilaksanakan beberapa tahap yaitu persiapan propagul dari eksplan hasil perbanyakan. Pembuatan media kultur jaringan dengan penambahan hormon Benzyl amino purin (BAP) dan antibakteri Plant preservative mixture (PPM), strerilisasi alat, penanaman propagul, pemeliharaan ruang kultur serta pengamatan dengan menghitung tingkat pertumbuhan tunas, persentase eksplan hidup, persentase eksplan terkontaminasi dan identifikasi. Kontaminan cendawan diisolasi pada media Potato dextrose agar (PDA). Pengamatan makroskopis dengan mengamati warna, tekstur pertumbuhan koloni, dan bentuk permukaan koloni. Secara mikroskopis dilihat dari bentuk hifa dan spora yang dihasilkan. Kontaminan bakteri diisolasi pada media Natrium agar (NA). Pengamatan makroskopis dengan mengamati warna, tekstur pertumbuhan koloni, dan bentuk permukaan koloni dan secara fisiologis dengan uji Gram, uji katase serta uji oksidasi fermentatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada TIBS, persentase eksplan hidup tanpa kontaminan adalah sebesar 60%. Dari eksplan awal yang berjumlah 50 tunas diperoleh 321 tunas pada eksplan akhir, sedangkan pada media padat persentase eksplan hidup tanpa kontaminan adalah sebesar 100%. Eksplan awal juga berjumlah 50 tunas dan eksplan akhir berjumlah 323 tunas. Persentase eksplan yang terkontaminasi pada media cair TIBS adalah 40% dan 0% pada media padat. Berdasarkan identifikasi makroskopis dan mikroskopis, mikroorganisme kontaminan ditemukan pada penelitian ini adalah bakteri Gram positif yaitu bakteri Bacillus sp. dan Streptomyces sp., sedangkan dari kelompok cendawan adalah Aspergillus sp. dan Penicillium sp.

Kata Kunci : Kultur jaringan, Bacillus sp., Streptomyces sp., Aspergillus sp., Penicillium sp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tissue culture, Bacillus sp., Streptomyces sp., Aspergillus sp., Penicillium sp
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Depositing User: Unnamed user with username stfathirahs
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:45
Last Modified: 22 Aug 2024 01:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36291

Actions (login required)

View Item
View Item