EFEK PENDIDIKAN GIZI SEIMBANG MELALUI PENDEKATAN SELF DETERMINATION THEORY TERHADAP PARAMETER SINDROM METABOLIK PADA GURU DI KOTA MAKASSAR


NURZAKIAH, NURZAKIAH (2019) EFEK PENDIDIKAN GIZI SEIMBANG MELALUI PENDEKATAN SELF DETERMINATION THEORY TERHADAP PARAMETER SINDROM METABOLIK PADA GURU DI KOTA MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
19_P1000315010_Disertasi_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
19_P1000315010_Disertasi(FILEminimizer) ... ok 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
19_P1000315010_Disertasi(FILEminimizer) ... ok dapus-lam.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19_P1000315010_Disertasi(FILEminimizer) ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract (Abstrak)

Nurzakiah, Efek edukasi gizi seimbang berbasis sekolah terhadap pencegahan sindrom metabolik pada guru di Makassar (Dibimbing oleh Veni Hadju, Ridwan M. Thaha, Nurhaedar Jafar)
Penyakit tidak menular (PTM) merupakan penyebab kematian utama di dunia dan sindrom metabolik (SM) merupakan faktor risikonya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul edukasi gizi seimbang dan menilai efek edukasi gizi seimbang terhadap SM dan parameternya pada guru SMPN dan SMAN di kota Makassar.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method. Penelitian kualitatif digunakan untuk pengembangan modul edukasi gizi seimbang dengan menggunakan literature review pada beberapa modul yang telah ada dan Focus Group Discussion (FGD) pada 11 informan. Penelitian kuantitatif digunakan untuk menilai efek edukasi gizi seimbang dengan menggunakan metode quasi-eksperimental dengan menggunakan kelompok pembanding. Populasi penelitian adalah guru-guru SMPN dan
SMAN di kota Makassar dengan sampel penelitian 8 sekolah, 4 sekolah menjadi kelompok yang diberikan modul dan alat edukasi dan 4 sekolah yang diberikan pamflet PGS.
Hasil penelitian perbedaan perubahan yang bermakna terlihat pada lingkar perut, dimana pemberian modul dan alat edukasi mampu menekan pertambahan lingkar perut pada kelompok intervensi dibandingkan kelompok kontrol (p=0,040). Terjadi perubahan yang signifikan pengetahuan (p value < 0,001) dan praktek gizi seimbang (p value = 0,007) setelah intervensi pada kelompok yang diberikan modul dan alat edukasi, namun tidak pada kelompok kontrol. Disimpulkan bahwa pemberian modul dan alat edukasi gizi seimbang dapat meningkatkan pengetahuan dan praktek gizi seimbang namun belum menunjukkan perubahan yang signifikan pada parameter sindrom metabolik. Perlu dibuat pedoman gizi seimbang yang lebih baik sehingga dapat digunakan untuk penyakit-penyakit tidak menular termasuk sindrom metabolik.
Kata Kunci: Modul edukasi gizi seimbang, pamflet PGS, parameter sindrom metabolik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:30
Last Modified: 18 Mar 2021 02:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3626

Actions (login required)

View Item
View Item