ANALISIS PELAYANAN BERBASIS NEW PUBLIC SERVICE DI DINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU SATU PINTU TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN SOPPENG = ANALYSIS OF SERVICES BASED ON NEW PUBLIC SERVICE IN THE DEPARTMENT OF CAPITAL INVESTMENT, ONE-DOOR INTEGRATED SERVICE FOR MANPOWER AND TRANSMIGRATION, SOPPENG DISTRICT


Amin, Muhammad As'ad (2024) ANALISIS PELAYANAN BERBASIS NEW PUBLIC SERVICE DI DINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU SATU PINTU TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN SOPPENG = ANALYSIS OF SERVICES BASED ON NEW PUBLIC SERVICE IN THE DEPARTMENT OF CAPITAL INVESTMENT, ONE-DOOR INTEGRATED SERVICE FOR MANPOWER AND TRANSMIGRATION, SOPPENG DISTRICT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E062221007_tesis_01-03-2024 Cover1.jpg

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E062221007_tesis_01-03-2024 Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E062221007_tesis_01-03-2024 Dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E062221007_tesis_01-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 August 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan New Public Service pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Soppeng yang dikhususkan pada bidang Perizinan dengan melihat dari 6 indikator keberhasilan pelaksanaan yaitu, Tangible (bukti Fisik), Reability (keandalan), Responsiveness (daya tanggap), Competence (kompetensi), Access (akses), Comunication (komunikasi) dalam melaksanakan perizinan. Metode yang digunakan bersifat kualitatif. Pengumpulan data menggunakan, observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik Analisis data terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1.Pada indikator Tangible DPMPTSP-Nakertrans telah mengalami peningkatan pada fasilitas sarana dan prasarana ditunjukkan dengan bukti fisik dan fasilitas penunjang dalam pengelolaan pelayanannya. 2.Keandalan petugas dalam melaksanakan perizinan yang ditemukan cukup baik. Adanya Standar Operasional Pelayanan (SOP) memberikan pedoman, meskipun masih ada kebutuhan yang perlu ditingkatkan guna meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap prosedur pelayanan. 3.Daya tanggap petugas terhadap merespon kebutuhan pemohon telah berjalan dengan baik, namun terkadang masih mengalami penundaan penerbitan perizinan. 4.Kompetensi petugas telah memiliki kemampuan dan keterampilan yang cukup baik dalam mengelola perizinan. Namun, masih diperlukan peningkatan pelatihan khusus terkait pengelolaan perangkat lunak dan koordinasi dengan pihak eksternal. `5.Aksesibilitas pelayanan perizinan, baik melalui online maupun manual telah diberikan. Namun, sosialisasi mengenai layanan perlu ditingkatkan. 6.Komunikasi petugas dengan masyarakat telah dilakukan dengan efektif serta sosialisasi interaktif menjadi kunci untuk memastikan pemahaman masyarakat terkait layanan.

Keywords : Pelayanan Publik, New Public Service, DPMPTSP-Nakertrans.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public service, New public service, DPMPTSP-Manpower and Transmigration.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Aug 2024 02:28
Last Modified: 30 Aug 2024 02:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36184

Actions (login required)

View Item
View Item