Upaya Penanggulangan Pelanggaran Lalu Lintas Oleh Pengemudi Angkutan Umum Yang Menurunkan Penumpang Bukan Di Tempat Pemberhentian = Efforts to Counter Traffic Violations by Public Transportation Drivers Who Disembark Passengers Other Than at a Stop


Rewa, Muhammad Alief (2024) Upaya Penanggulangan Pelanggaran Lalu Lintas Oleh Pengemudi Angkutan Umum Yang Menurunkan Penumpang Bukan Di Tempat Pemberhentian = Efforts to Counter Traffic Violations by Public Transportation Drivers Who Disembark Passengers Other Than at a Stop. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011181531_skripsi_08-07-2024 cover1.png

Download (614kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B011181531_skripsi_08-07-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011181531_skripsi_08-07-2024 dp.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011181531_skripsi_08-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 August 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

MUHAMMAD ALIEF REWA (B011181531) dengan judul Upaya Penanggulangan Pelanggaran Lalu Lintas Oleh Pengemudi Angkutan Umum Yang Menurunkan Penumpang Selain Di Tempat Pemberhentian. Di bawah bimbingan H.M Said Karim sebagai Pembimbing Utama dan Audyna Mayasari Muin sebagai Pembimbing Pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab pengemudi angkutan umum melakukan pelanggaran lalu lintas seperti menurunkan penumpang selain di tempat pemberhentian dan upaya yang dilakukan oleh pihak kepolisian dalam menanggulangi pengemudi angkutan umum yang melakukan pelanggaran lalu lintas.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris. Sumber data yang dibutuhkan yakni data primer berupa wawancara serta data sekunder berupa Bahan-bahan hukum. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara dan studi kepustakaan. Metode analisis menggunakan metode deskriptif-kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Faktor yang menyebabkan pengemudi angkutan umum menurunkan penumpang selain di tempat pemberhentian di Kota Makassar disebabkan oleh 3 faktor utama yakni tingginya persaingan dalam mendapatkan penumpang, sarana dan prasarana, dan sudah tidak ada wadah organisasi yang menaungi angkutan umum (pete-pete) (2) Terdapat 2 upaya yang dilakukan oleh aparat kepolisian yakni upaya preventif dan upaya represif. Upaya preventif berupa sosialisasi pelanggaran lalu lintas dan penempatan beberapa personil di daerah-daerah rawan terjadinya pelanggaran lalu lintas. Upaya represif berupa penindakan berupa penilangan dengan dijatuhi pidana denda.

Keywords : Angkutan Umum; Pelanggaran Lalu Lintas; Penanggulangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Countermeasures; Public Transportation; Traffic Violations.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Aug 2024 00:56
Last Modified: 29 Aug 2024 00:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36050

Actions (login required)

View Item
View Item