Syam, Asriah (2021) Analisis Dampak Aplikasi Pulse Melalui Pendekatan Teori Perilaku Berencana Terhadap Niat Konsumen Membeli Asuransi Kesehatan Di Makassar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
A012191029_tesis Cover1.png
Download (168kB) | Preview
A012191029_tesis I & II.pdf
Download (1MB)
A012191029_tesis DP.pdf
Download (248kB)
A012191029_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Asriah. Analisis Dampak Aplikasi Pulse Melalui Pendekatan Teori Perilaku Berencana Terhadap Niat Konsumen Membeli Asuransi Kesehatan Di Makassar (dibimbing oleh Muh Asdar dan Nurdjanah Hamid).
Penelitian ini bertujuan menganalisis potensi aplikasi PULSE dari Prudential (strategi pemasaran digital; kecerdasan buatan) dalam meningkatkan minat beli konsumen, dengan menggunakan pendekatan Teori Perilaku Berencana (TPB).
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dilaksanakan pada 377 subjek penelitian yang dianggap memenuhi syarat sebagai konsumen asuransi di Kota Makassar. Penelitian ini berlangsung dari bulan September 2020 hingga November 2020, menggunakan teknik survei kuesioner digital yang mengukur anteseden sikap, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, dan niat membeli asuransi. Subjek penelitian yang menjawab kuesioner dibagi menjadi dua, yaitu pengguna PULSE dan non-PULSE. Analisis ini menggunakan Uji-T Independen, Analisis Faktor Konfirmatori, dan Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi yang positif antara norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, dan niat membeli asuransi. Penelitian ini berhasil menetapkan perbedaan dalam sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku pada peserta yang menggunakan aplikasi Pulse dibandingkan dengan mereka yang belum pernah menggunakannya. Penelitian ini juga menguji pengaruh model sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku dalam memprediksi niat konsumen untuk membeli asuransi kesehatan. Namun, pada model anteseden sikap tidak mempengaruhi niat beli asuransi kesehatan tetapi ditemukan bahwa persepsi kontrol perilaku menjadi yang paling berpengaruh terhadap niat membeli asuransi kesehatan.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | wahyuni aras |
Date Deposited: | 18 Mar 2021 02:11 |
Last Modified: | 18 Mar 2021 02:11 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3604 |