Analisis Dampak Aplikasi Pulse Melalui Pendekatan Teori Perilaku Berencana Terhadap Niat Konsumen Membeli Asuransi Kesehatan Di Makassar


Syam, Asriah (2021) Analisis Dampak Aplikasi Pulse Melalui Pendekatan Teori Perilaku Berencana Terhadap Niat Konsumen Membeli Asuransi Kesehatan Di Makassar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012191029_tesis Cover1.png

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of BAB I & II] Text (BAB I & II)
A012191029_tesis I & II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
A012191029_tesis DP.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of Full Tet] Text (Full Tet)
A012191029_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Asriah. Analisis Dampak Aplikasi Pulse Melalui Pendekatan Teori Perilaku Berencana Terhadap Niat Konsumen Membeli Asuransi Kesehatan Di Makassar (dibimbing oleh Muh Asdar dan Nurdjanah Hamid).
Penelitian ini bertujuan menganalisis potensi aplikasi PULSE dari Prudential (strategi pemasaran digital; kecerdasan buatan) dalam meningkatkan minat beli konsumen, dengan menggunakan pendekatan Teori Perilaku Berencana (TPB).
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dilaksanakan pada 377 subjek penelitian yang dianggap memenuhi syarat sebagai konsumen asuransi di Kota Makassar. Penelitian ini berlangsung dari bulan September 2020 hingga November 2020, menggunakan teknik survei kuesioner digital yang mengukur anteseden sikap, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, dan niat membeli asuransi. Subjek penelitian yang menjawab kuesioner dibagi menjadi dua, yaitu pengguna PULSE dan non-PULSE. Analisis ini menggunakan Uji-T Independen, Analisis Faktor Konfirmatori, dan Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi yang positif antara norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, dan niat membeli asuransi. Penelitian ini berhasil menetapkan perbedaan dalam sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku pada peserta yang menggunakan aplikasi Pulse dibandingkan dengan mereka yang belum pernah menggunakannya. Penelitian ini juga menguji pengaruh model sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku dalam memprediksi niat konsumen untuk membeli asuransi kesehatan. Namun, pada model anteseden sikap tidak mempengaruhi niat beli asuransi kesehatan tetapi ditemukan bahwa persepsi kontrol perilaku menjadi yang paling berpengaruh terhadap niat membeli asuransi kesehatan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: wahyuni aras
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:11
Last Modified: 18 Mar 2021 02:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3604

Actions (login required)

View Item
View Item