STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA USAHA RESTAURANT SURYA SUPER CRAB = BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY UTILIZING BUSINESS MODEL CANVAS APPROACH FOR SURYA SUPER CRAB RESTAURANT


Hunou, Syamsul Bahri (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA USAHA RESTAURANT SURYA SUPER CRAB = BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY UTILIZING BUSINESS MODEL CANVAS APPROACH FOR SURYA SUPER CRAB RESTAURANT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012222115_tesis_27-06-2024 cover1.png

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012222115_tesis_27-06-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012222115_tesis_27-06-2024 dp.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012222115_tesis_27-06-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

SYAMSUL BAHRI HUNOU. Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas Pada Usaha Restaurant Surya Super Crab (dibimbing oleh Maat Pono dan Andi Aswan).
Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan analisis model bisnis, memetakan kebutuhan pelanggan, menyusun dan merumuskan alternatif strategi, menentukan prioritas alternatif strategi terbaik, dan merancang model bisnis baru dengan pendekatan Business Model Canvas. Penelitian ini dilakukan pada Restaurant Surya Super Crab menggunakan penelitian kualitatif sebagai metode yang utama dan kuantitatif sebagai metode penunjang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner. Metode yang digunakan adalah Business Model Canvas untuk menggambarkan model bisnis saat ini, Analisis peta empati untuk mengetahui dan memetakan kebutuhan pelanggan, Analisis SWOT untuk menyusun dan merumuskan alternatif strategi dan Matriks QSPM untuk menentukan prioritas alternatif strategi terbaik sehingga Business Model Canvas yang baru dapat dirancang. Berdasarkan hasil Analisis SWOT, didapatkan delapan alternatif strategi, yaitu: 1) membuka cabang baru di tempat lain agar dikenal masyarakat luas, 2) mempertahankan kualitas makanan, bahan baku dan cita rasa yang khas, 3) menjalin kerjasama dengan GoFood, GrabFood dan ShopeeFood, 4) melakukan promosi secara agresif melalui berbagai media sosial untuk memperluas pangsa pasar, 5) menjalin kerjasama dengan influencer dan content creator (Selebgram, Tiktoker dan Youtuber) untuk meningkatkan brand image, 6) mengadakan promo paket (produk tertentu) dengan harga spesial dalam jangka waktu yang terbatas, 7) membuat menu baru yang lebih menarik dan inovatif, 8) memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Berdasarkan hasil perhitungan Matriks QSPM, strategi mempertahankan kualitas makanan, bahan baku dan cita rasa yang khas memiliki nilai Total TAS (Total Attractiveness Score) tertinggi sebesar 7,0743.

Keywords : business model canvas, analisis SWOT, matriks QSPM.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Business model canvas, SWOT Analysis, QSPM Matrix
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Aug 2024 00:43
Last Modified: 29 Aug 2024 00:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36033

Actions (login required)

View Item
View Item