LEXICAL PROBLEM IN THE BILINGUAL TRANSLATION BY THE STUDENTS OF ENGLISH DEPARTMENT UNHAS


Febrianti, Dian (2020) LEXICAL PROBLEM IN THE BILINGUAL TRANSLATION BY THE STUDENTS OF ENGLISH DEPARTMENT UNHAS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of sampul]
Preview
Image (sampul)
F21116538_skripsi cover.png

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
F21116538_skripsi dapus.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
F21116538_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full teks] Text (full teks)
F21116538_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

DIAN FEBRIANTI. Leksikal dalam Terjemahan Dwibahasa oleh Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris Unhas (dibimbing oleh Abidin Pammu dan Ainun Fatimah.)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan kesalahan tata bahasa dan masalah leksikal yang sering ditemukan oleh mahasiswa jurusan Bahasa Inggris dalam menerjemahkan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Bahasa Inggris Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin, semester Sembilan tahun akademik 2019/2020. Sampel penelitian ini terdiri dari 10 mahasiswa, yang dipilih secara acak. Penulis menyertakan terjemahan mahasiswa kemudian penulis menganalisis kata demi kata dan kalimat demi kalimat. Kemudia penulis mengidentifiasi kata, frasa, dan struktur tata bahasa dari kalimat yang diterjemahkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menerjemahkan teks yang diberikan. Ditemukan adanya beberapa penyebab siswa melakukan kesalahan saat menerjemahkan teks bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Penyebab tersebut diklasifikasikan sebagai penyebab interlingual dan intralingual, meskipun penyebab interlingual ditemukan dominan, terutama saat menerjemahkan kata atau frasa leksikal bahasa sumber ke dalam bahasa target. Kesalahan interlingual tersebut sebagian besar didorong oleh pengetahuan dan kosa kata siswa yang tidak mencukupi terhadap kesetaraan bahasa Inggris ke dalam padanan bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Terjemahan Dwibahasa, Masalah Leksikal
Subjects: P Language and Literature > PE English
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:10
Last Modified: 18 Mar 2021 02:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3601

Actions (login required)

View Item
View Item