STRATEGI PENGELOLAAN SEKTOR EKONOMI DI BIDANG PARIWISATA PADA DINAS PARIWISATA KABUPATEN LUWU TIMUR


Prasetya Wemben, Yudho (2023) STRATEGI PENGELOLAAN SEKTOR EKONOMI DI BIDANG PARIWISATA PADA DINAS PARIWISATA KABUPATEN LUWU TIMUR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of A012211035_tesis_05-12-2023 cover1.png]
Preview
Image
A012211035_tesis_05-12-2023 cover1.png

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of A012211035_tesis_05-12-2023 1-2.pdf] Text
A012211035_tesis_05-12-2023 1-2.pdf

Download (863kB)
[thumbnail of A012211035_tesis_05-12-2023 dp.pdf] Text
A012211035_tesis_05-12-2023 dp.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of A012211035_tesis_05-12-2023.pdf] Text
A012211035_tesis_05-12-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi pengelolaan sektor ekonomi di bidang pariwisata pada Dinas Pariwisata Kabupaten Luwu Timur. Responden dalam penelitian adalah keseluruhan pegawai Dinas Pariwisata Kabupaten Luwu Timur maupun pengelola tempat wisata yang berjumlah 10 dengan menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis SWOT dilakukan dengan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluan, dan ancaman. Analisis SWOT membandingkan antara faktor eksternal peluang dan ancaman dengan faktor internal kekuatan dan kelemahan. Faktor internal dimasukkan ke dalam matriks yang disebut matriks faktor strategi internal atau IFAS (Internal Strategic Factor Analysis Summary). Faktor eksternal dimasukkan kedalam matriks yang disebut matriks faktor strategi eksternal EFAS (External Strategic Factor Analysis Summary). Setelah matriks faktor strategi internal dan eksternal disusun, kemudian hasilnya dimasukkan dalam model kuantitatif, yaitu matriks SWOT untuk merumuskan strategi pengelolaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata Kabupaten Luwu Timur S<O, yakni peluang lebih besar dari pada kekuatan yang ada, dimana arah kebijakan Dinas Pariwisata Luwu Timur dalam kondisi Growth Strategy. Strategi pertumbuhan (Growth Strategy) didesain untuk mencapai pertumbuhan, baik dalam pengelolahan pariwisata dan profit bagi masyarakat sekitar objek wisata. Hal ini dapat dicapai dengan cara mengembangkan pembangunan fasilitas umum objek wisata, kualitas SDM yang mengelolah objek wisata, meningkatkan Kerjasama dengan perusahaan dan investor terkait pengelolaan objek wisata. Usaha yang dilakukan adalah meminimalkan biaya sehingga dapat meningkatkan profit.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 28 Aug 2024 01:29
Last Modified: 28 Aug 2024 01:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36006

Actions (login required)

View Item
View Item