PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MOBIL DAIHATSU (STUDI KASUS PADA PT. MAKASSAR RAYA MOTOR) = THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY, PROMOTION, AND PRICE ON CUSTOMER SATISFACTION OF DAIHATSU CARS (CASE STUDY AT PT. MAKASSAR RAYA MOTOR)


Zulkifly, Zulfina Arizky (2024) PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MOBIL DAIHATSU (STUDI KASUS PADA PT. MAKASSAR RAYA MOTOR) = THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY, PROMOTION, AND PRICE ON CUSTOMER SATISFACTION OF DAIHATSU CARS (CASE STUDY AT PT. MAKASSAR RAYA MOTOR). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012222023_tesis_27-06-2024 cover1.png

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012222023_tesis_27-06-2024 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012222023_tesis_27-06-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012222023_tesis_27-06-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2026.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas layanan, promosi, dan harga terhadap kepuasan pelanggan mobil Daihatsu pada PT. Makassar Raya Motor. Data diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada 100 responden dan observasi langsung ke perusahaan. Metode yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif yang datanya dianalisis dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan, promosi, dan harga memiliki pengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas layanan yang baik meliputi: bukti fisik, empati, keandalan, daya tanggap, dan jaminan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Layanan yang ramah, profesional, dan efisien akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap pembelian mobil Daihatsu. Promosi yang efektif dari segi periklanan, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat dapat menarik perhatian pelanggan potensial, memengaruhi pengambilan keputusan pembelian, dan meningkatkan kepuasan transaksional. Dari segi harga, keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan kualitas produk dan layanan serta manfaatnya, dan juga daya saing pada akhirnya sangat memengaruhi kepuasan pelanggan. Semua indikator variabel bebas (kualitas layanan, promosi, dan harga) serta variabel terikat (kepuasan pelanggan) secara umum mampu diaplikasikan dengan cukup baik dalam rangka peningkatan pelayanan di PT. Makassar Raya Motor.

Keywords : kualitas layanan, promosi, harga, kepuasan pelanggan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Service quality, Promotion, Price, Customer'satisfaction.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Aug 2024 01:27
Last Modified: 28 Aug 2024 01:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35991

Actions (login required)

View Item
View Item