Anwar, Andini (2024) Analisis Profitabilitas dan Bauran Pemasaran Madu Trigona (Trigona sp) Pada Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) di Desa Bonelemo Barat Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu. = Profitability Analysis and Marketing Mix of Trigona Honey (Trigona sp) in the Social Forestry Business Group (KUPS) in West Bonelemo Village, West Bajo District, Luwu Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
M011191279_skripsi_01-03-2024 Cover1.jpg
Download (295kB) | Preview
M011191279_skripsi_01-03-2024 Bab 1-2.pdf
Download (885kB)
M011191279_skripsi_01-03-2024 Dapus.pdf
Download (1MB)
M011191279_skripsi_01-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 February 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Lebah Madu Trigona merupakan salah satu hasil hutan bukan kayu (HHBK) yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat sekitar hutan di Desa Bonelemo Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapatan usaha madu trigona (Trigona sp), tingkat profitabilitas usaha madu trigona (Trigona sp), serta penerapan bauran pemasaran usaha madu trigona (Trigona sp) pada Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Apikultur Awo di Desa Bonelemo Barat, Kecamatan Bajo Barat, Kabupaten Luwu. Penelitian dilakukan di Desa Bonelemo Barat, Kecamatan Bajo Barat, Kabupaten Luwu pada bulan Agustus 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode sensus. Data yang dikumpulkan berupa data primer yang diperoleh melalui wawancara kepada masyarakat dan data sekunder diperoleh melalui literatur-literatur yang berkaitan dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskripsi kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan analisis pendapatan, analisis profitabilitas R/C Ratio, dan mendeskripsikan 7 bauran pemasaran yang diterapkan pada usaha madu trigona (Trigona sp). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan yang diperoleh oleh KUPS Apikultur Awo dalam mengelola lebah madu trigona (Trigona sp) sebesar Rp. 30.774.000 /tahun. Sedangkan untuk nilai profitabilitas yang didapatkan melalui analisis rasio R/C adalah 2,9 dimana dapat dikatakan bahwa usaha “MATOA” di Desa Bonelemo Barat menguntungkan dan layak untuk diusahakan. Penerapan bauran pemasaran (marketing mix) 7P pada usaha madu trigona yang dilakukan oleh KUPS Apikultur Awo belum sepenuhnya efisien, hal ini dikarenakan elemen bauran pemasaran place (tempat/distribusi) yang masih terbatas.
Kata Kunci : Madu Trigona, Pendapatan, Profitabilitas, Bauran Pemasaran, KUPS
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Madu Trigona, Pendapatan, Profitabilitas, Bauran Pemasaran, KUPS |
Subjects: | S Agriculture > SD Forestry |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kehutanan > Kehutanan |
Depositing User: | Andi Milu |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 01:23 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 01:23 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35756 |