Rahasti, Wahyu (2020) STUDI PERUBAHAN POLA PERJALANAN MASYARAKAT DARI KAWASAN PERBELANJAAN PEKKAE TERHADAP RENCANA PENGOPERASIAN STASIUN KERETA API TANETE RILAU, BARRU. Thesis thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.
D012181027_tesis_23-12-2020 COVER1.png
Download (120kB) | Preview
D012181027_tesis_23-12-2020 1-2.pdf
Download (2MB)
D012181027_tesis_23-12-2020 DP.pdf
Download (116kB)
D012181027_tesis_23-12-2020.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Studi Perubahan Pola Perjalanan Masyarakat Dari Kawasan Perbelanjaan Pekkae Terhadap Rencana Pengoperasian Stasiun Kereta Api Tanete Rilau, Barru (dibimbing oleh Dr. Eng. Ir. Muh. Isran Ramli, ST,MT dan Dr. Ir. H. Mubassirang Pasra,MT).
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis karakteristik perubahan pola perjalanan masyarakat dari kawasan perbelanjaan Pekkae terhadap rencana pengoperasian stasiun kereta api di Tanete Rilau, Barru. (2) Mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perubahan pola perjalanan masyarakat dari kawasan perbelanjaan Pekkae terhadap rencana pengoperasian stasiun kereta api di Tanete Rilau, Barru. Penelitian ini menggunakan analisis multinomial logit dengan aplikasi perangkat lunak STATA16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik untuk hubungan antara pilihan responden terhadap pola perjalanan masyarakat dari kawasan perbelanjaan Pekkae terhadap rencana pengoperasian stasiun kereta api sebelum adanya stasiun kereta responden lebih cenderung memilih rute perjalanan Pasar-Jl. Hadjerah1-Jl. Moh Yamin sedangkan setelah adanya stasiun kereta responden lebih cenderung memilih rute perjalanan Pasar-Jl. Hadjerah3-Jl. Moh Yamin. Untuk hasil model preferensi perubahan pola perjalanan masyarakat dapat di simpulkan sebelum adanya stasiun kereta rute perjalanan Pasar-Jl. Hadjerah 2-Jl. Moh Yamin dengan variabel jarak, waktu dan rantai perjalanan yang memiliki pengaruh paling besar dalam pemilihan rute perjalanan. Dan setelah adanya stasiun kereta rute perjalanan mengalami perubahan yaitu rute Pasar-Jl. Hadjerah 1-Jl. Poros Barru-Pare-pare dengan variabel jumlah kendaraan motor yang digunakan dan jumlah kendaraan mobil pick up yang digunakan yang memiliki pengaruh paling besar dalam pemilihan rute perjalanan.
Wahyu Rahasti Studies of the changes public travel system from Pekkae shopping area towards rail station operation plan Tanete Rilau Barru (supervised by Dr. Eng. Ir. Muh. Isran Ramli, ST, MT and Dr. Ir. H. Mubassirang Pasra, MT).
This Studies intend to (1) Analyze characteristic the changes of public travel system from Pekkae shopping area towards rail station plan at Tanete Rilau Barru. (2) identify the factors which has an effect on the changes of public travel system from Pekkae shopping area towards rail station plan at Tanete Rilau Barru. This study using multinomial logit analysis STATA16 software application. the results of this study indicate that characteristics for the relation between respondents' choices towards the changes of public travel system from Pekkae shopping area towards rail station plan is more likely to choose the Market- Jl routetravel pattern. Hadjerah1-Jl. Moh Yamin, while after the existence of the train station, respondents tended to choose the Pasar-Jl route. Hadjerah3-Jl. Moh Yamin. For the results of the model preferences for changes in community travel patterns, it can be concluded before the existence of the Pasar-Jl. Hadjerah 2-Jl. Moh Yamin with the variable distance, time and travel chain that had the greatest influence in the choice of travel routes. And after the travel station, the route has changed, namely the Pasar-Jl route. Hadjerah 1-Jl. The Barru-Pare-pare axle with the variable number of vehicles used and the number of pick-up vehicles used has the greatest influence in the choice of travel routes.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TX Home economics |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 18 Mar 2021 01:19 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:31 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3575 |