Fitrajaya, Muhammad Fajar (2023) Analisis Kapasitas dan Kinerja Pelayanan Terminal Penumpang Dermaga Sei Bolong Provinsi Kalimantan Utara = Analysis of Capacity and Service Performance of Passenger Terminal at Sei Bolong Dock, North Kalimantan Province. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D031191036_skripsi_26-02-2024 cover1.jpg
Download (225kB) | Preview
D031191036_skripsi_26-02-2024 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
D031191036_skripsi_26-02-2024 dapus.pdf
Download (844kB)
D031191036_skripsi_26-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Pulau Nunukan terletak pada Provinsi Kalimantan Utara yang memiliki tingkat aktvitas transportasi yang tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh jumlah penduduk yang melakukan penyeberangan antar pulau menggunakan speedboat. Kabupaten Nunukan berada pada posisi tertinggi ketiga pada tahun 2022 sebagai penumpang kedatangan terbanyak pada Kabupaten Nunukan sebesar 98.998 orang. Data tersebut menunjukkan pentingnya memperhatikan kualitas dari pelayanan suatu penyedia jasa dan kapasitasnya terkhusus pelabuhan pada terminal penumpang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan kapasitas terminal dan lapangan parkir untuk muatan serta tingkat kesesuaian antara kinerja pelayanan dan harapan pengguna jasa. Penelitian ini menggunakan metode peramalan dalam menentukan jumlah permintaan sepuluh tahun mendatang dan metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara kinerja pelayanan dan harapan pengguna jasa pelayanan yang indicator penilaiannya mengacu pada Peraturan Menteri Nomor 39 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Penyeberangan. Berdasarkan hasil perhitungan kebutuhan kapasitas terminal menyatakan bahwa dengan luas eksisting yang ada sekarang sebesar 13,95 m2 sudah tidak mampu menampung kebutuhan luas total terminal pada tahun 2032. Sedangkan kebutuhan luas parkir muatan untuk motor pada tahun 2032 mampu menampung jumlah motor sebanyak 1063 unit. Berdasarkan hasil analisis Importance Performance Analysis (IPA), diperoleh rata-rata tingkat kesesuaian antara kinerja pelayanan dan harapan pengguna jasa pada pelayanan terminal penumpang di Dermaga Sei Bolong sebesar 65%. Indikator yang berada pada prioritas utama dalam hal ini adalah indikator kinerja yang dinilai belum memuaskan bagi pengguna jasa, yaitu ketersediaan toilet.
Kata Kunci : Kapasitas; Kinerja; Pelayanan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Capacity; Performance; Service |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Unnamed user with username stfathirahs |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 05:51 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 05:51 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35737 |