HUBUNGAN STATUS GLIKEMIK DAN LAMANYA MENDERITA DIABETES MELITUS DENGAN FUNGSI KOGNITIF


Amriyati .m, Halidah (2024) HUBUNGAN STATUS GLIKEMIK DAN LAMANYA MENDERITA DIABETES MELITUS DENGAN FUNGSI KOGNITIF. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C155192010_tesis_05-03-2024 Cover1.jpg

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C155192010_tesis_05-03-2024 Bab 1-2.pdf

Download (786kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C155192010_tesis_05-03-2024 Dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C155192010_tesis_05-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang:Diabetes melitus adalah penyakit yang ditandai dengan terjadinya hiperglikemia dan gangguan metabolism karbohidrat, lemak, protein yang dihubungkan dengan kekurangan secara absolut atau relative dari kerja atau sekresi insulin. Terdapat banyak reseptor insulin di otak.
Beberapa mempunyai peran dalam transpor glukosa, dan beberapa diperkirakan mempunyai peran dalam proses kognitif.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi dan nilai prediksi status glikemik dan lama menderita DM terhadap gangguan fungsi kognitif.
Metode: Penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional yang melibatkan 100 subjek penelitian dengan DM tipe 2 yang memenuhi kriteria inklusi. Subjek dikategorikan ke dalam kelompok dengan status
glikemik terkontrol (HbA1c ≤7%) dan tidak terkontrol (HbA1c ≥7%). Fungsi kogniif dinilai menggunakan pemeriksaan Montreal Cognitive Assesment versi Indonesia (Moca-Ina).

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kontrol Glycemic,HbA1c,Diabetes Melitus,Gangguan Kognitif
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > PPDS Ilmu Penyakit Saraf
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 20 Aug 2024 00:15
Last Modified: 20 Aug 2024 00:15
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35692

Actions (login required)

View Item
View Item