SEJARAH PERKEMBANGAN VOLKSSCHOOL (SEKOLAH DESA) DI SULAWESI BAGIAN SELATAN PADA TAHUN 1907-1941 = "The History of Development of Volksschool (Village School) in South Sulawesi in 1907-1941"


Ramadhan, Muhammad Arfani (2023) SEJARAH PERKEMBANGAN VOLKSSCHOOL (SEKOLAH DESA) DI SULAWESI BAGIAN SELATAN PADA TAHUN 1907-1941 = "The History of Development of Volksschool (Village School) in South Sulawesi in 1907-1941". Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F061181328_skripsi_11-12-2023 cover1.png

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F061181328_skripsi_11-12-2023 1-2.pdf

Download (553kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F061181328_skripsi_11-12-2023 dp.pdf

Download (739kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F061181328_skripsi_11-12-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 July 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Pendidikan masih menjadi masalah yang memerlukan perhatian serius di Indonesia, utamanya dalam hal bagaimana pemerintah menyediakan akses pendidikan bagi seluruh masyarakat Indonesia secara merata. Pendidikan di Indonesia sendiri baru dikembangkan secara sistematis pada awal abad ke-20. Oleh karena itu, penelitian ini menjadi penting untuk memahami pondasi dasar perkembangan Indonesia yang berlanjut sampai saat ini. Salah satu jenis sekolah dasar yang diciptakan oleh Pemerintah Hindia-Belanda ketika itu ialah Volksschool (Sekolah Desa). Sekolah tersebut menjadi penting karena sifatnya yang unik dan pertumbuhannya yang sangat pesat dibandingkan dengan banyak jenis sekolah pada saat itu. Dengan fakta tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan Volksschool (Sekolah Desa) di Sulawesi bagian Selatan selama periode tahun 1907-1941 untuk memperoleh gambaran yang komprehensif mengenai perkembangan sejarah sekolah tersebut di Hindia-Belanda.
Dalam penelitian ini, akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai bagaimana peran dan sistem pengelolaan yang berlaku dari jenis sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah, dengan menggunakan referensi Memorie van Overgave dan Laporan Statistik Tahunan Hindia-Belanda sebagai sumber primer utama. Hasil penelitian mengungkapkan adanya perkembangan yang fluktuatif dan dinamis dalam pertumbuhan Volksschool di wilayah ini. Faktor utama yang sangat mempengaruhi perkembangan ini adalah pembiayaan dan subsidi yang diberikan kepada sekolah ini oleh pemerintah.

Kata Kunci: Volksschool, Pendidikan Kolonial, Sulawesi Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Volksschool, Colonial Education, South Sulawesi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:22
Last Modified: 13 Aug 2024 07:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35654

Actions (login required)

View Item
View Item