PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN LEVERAGE TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI PEMODERASI


Bamatraf, Rifda Rahmah (2020) PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN LEVERAGE TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI PEMODERASI. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A062172014_tesis cover1.png

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1 dan 2] Text (Bab 1 dan 2)
A062172014_tesis 1-2.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Pustajl] Text (Daftar Pustajl)
A062172014_tesis dp.pdf

Download (502kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A062172014_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Rifda Rahmah Bamatraf. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Leverage terhadap Harga Saham dengan Profitabilitas sebagai Pemoderasi (dibimbing oleh Abdul Hamid Habbe dan Asri Usman).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan corporate social responsibility dan leverage terhadap harga saham dengan profitabilitas sebagai pemoderasi. Populasi penelitian adalah semua perusahaan manufaktur yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam periode waktu 2016 sampai 2018. Sampel data yang memenuhi kriteria untuk dapat digunakan sebagai sampel penelitian sebanyak 51 perusahaan manufaktur yang listing di BEI tahun 2016 sampai dengan 2018. Sehingga, jumlah keseluruhan sampel yang dijadikan populasi penelitian dari tahun 2016-2018 adalah sejumlah 131 sampel. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data adalah Multiple linear regression dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan 2 model pengujian yaitu sebelum dimoderasi dan setelah dimoderasi dan menggunakan unbalance data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan yang melakukan pengungkapan CSR memberikan pengaruh pada menaikan harga sahamnya, sedangkan untuk perusahaan yang memiliki tingkat leverage yang tinggi menyebabkan terjadi penurunan pada harga saham perusahaannya. Namun hal tersebut berbeda dengan perusahaan yang memiliki tingkat profitabilitas yang tinggi yaitu berhasil menaikan harga saham perusahaanya. Kemudian pemilihan profitabilitas berhasil memperkuat kedudukan pengungkapan CSR dan leverage terhadap harga saham.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan CSR, leverage, harga saham, profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 18 Mar 2021 01:16
Last Modified: 18 Mar 2021 01:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3563

Actions (login required)

View Item
View Item